Pengaruh Kecerdasan Emosi terhadap Stres pada Mahasiswa FISIP Universitas Mulawarman yang Bekerja

Eirene Fera Natasia, Miranti Rasyid, Aulia Suhesty

Abstract


The existence of academic burden from lectures and workload at the same time can trigger stress on students. Stress can be reduced by the ability to control emotions in students. This study aims to determine the effect of emotional intelligence on stress in working students of FISIP Mulawarman University. The research subjects were 100 students of FISIP Mulawarman University who were selected through purposive sampling technique. The data analysis technique used in this research is simple regression analysis. The results showed that the value of P = 0.000 <0.05, which means that there is an influence of emotional intelligence on stress on the working students of FISIP, Mulawarman University. The direction of the relationship between the two variables is negative. 

 

Adanya beban akademik dari perkuliahan dan beban pekerjaan sekaligus dapat memicu stres pada mahasiswa. Stres dapat dikurangi dengan adanya kemampuan untuk mengendalikan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap stres pada mahasiswa FISIP Universitas Mulawarman yang bekerja. Subjek penelitian sebanyak 100 mahasiswa FISIP Universitas Mulawarman yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi sederhana. Hasil penelitian didapatkan nilai P = 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat pengaruh kecerdasan emosi terhadap stres pada mahasiswa FISIP Universitas Mulawarman yang bekerja. Arah hubungan kedua variabel negatif, yang berarti semakin tinggi kecerdasan emosi, maka semakin rendah stres yang dialami mahasiswa.


Keywords


Psikologi klinis; stres; kecerdasan emosi; mahasiswa bekerja

Full Text:

PDF

References


Amrullah, M. N. (2015). Motivasi Dalam Konteks Human Relations. Al-Munzir Vol. 8, No. 1, Mei 2015, 8(1), 56–67.

Anshori, N. S. (2013). MAKNA KERJA (Meaning of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta. CIRED - Open Access Proceedings Journal, 2(July), 157–162. http://journal.unair.ac.id/downloadfull/JPIO5616-50248bb6d6fullabstract.pdf

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 68. https://doi.org/10.29210/02379jpgi0005

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800

Burhanudin. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Stres. Efektif Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1).

Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan Kecerdasan Emosional Pada Pemilihan Strategi Coping Pada Mahasiswa yang Bekerja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 39–56. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1.2377

Gitosaroso, M. (2012). Kecerdasan Emosi ( Emotional Intelligence ) dalam Tasawuf. Jurnal Khatulistiwa, 2(2), 182–200. https://doi.org/10.24260/khatulistiwa.v2i2.206

Goleman, D. (2009). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hardjana, A. M. (2002). Stres Tanpa Distres: Seni Mengelola Stres. Kanisius.

Haryadi, D. D., & Baidun, A. (2016). Pengaruh psychological capital dan kecerdasan emosi terhadap stres kerja. TAZKIYA: Journal of Psychology, 4(2), 33–54. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v4i2.10838

Haslianti. (2019). Pengaruh Kebisingan dan Motivasi Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar pada Siswa di MTS Antasari Samarinda. Psikoborneo, 7(4), 608–615.

Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stres Akademik Dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153–160. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260

Amrullah, M. N. (2015). Motivasi Dalam Konteks Human Relations. Al-Munzir Vol. 8, No. 1, Mei 2015, 8(1), 56–67.

Anshori, N. S. (2013). MAKNA KERJA (Meaning of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta. CIRED - Open Access Proceedings Journal, 2(July), 157–162. http://journal.unair.ac.id/downloadfull/JPIO5616-50248bb6d6fullabstract.pdf

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 68. https://doi.org/10.29210/02379jpgi0005

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800

Burhanudin. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Stres. Efektif Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1).

Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan Kecerdasan Emosional Pada Pemilihan Strategi Coping Pada Mahasiswa yang Bekerja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 39–56. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1.2377

Gitosaroso, M. (2012). Kecerdasan Emosi ( Emotional Intelligence ) dalam Tasawuf. Jurnal Khatulistiwa, 2(2), 182–200. https://doi.org/10.24260/khatulistiwa.v2i2.206

Goleman, D. (2009). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hardjana, A. M. (2002). Stres Tanpa Distres: Seni Mengelola Stres. Kanisius.

Haryadi, D. D., & Baidun, A. (2016). Pengaruh psychological capital dan kecerdasan emosi terhadap stres kerja. TAZKIYA: Journal of Psychology, 4(2), 33–54. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v4i2.10838

Haslianti. (2019). Pengaruh Kebisingan dan Motivasi Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar pada Siswa di MTS Antasari Samarinda. Psikoborneo, 7(4), 608–615.

Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stres Akademik Dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153–160. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2260

Jati, G. W., & Yoenanto, N. H. (2013). Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Faktor Demografi. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 2(02), 109–123.

Lubis, R., Irma, N. H., Wulandari, R., Siregar, K., Tanjung, A., Wati, T. A., N, M. P., & Syahfitri, D. (2015). Coping Stress Pada Mahasiswa Yang Bekerja. Diversita, 1(2), 48–57.

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). MAHASISWA BEKERJA DAN DAMPAKNYA PADA AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK. Jurnal Economia, 13(2), 201. https://doi.org/10.21831/economia.v13i2.13239

Muhnia, M., Isnah, W. O. N., & Hapsah, H. (2019). Relationship Between Emotional Intelligence With Stress Level of First Year Student in Nursing Program Study Medical Faculty Hasanuddin University. Indonesian Contemporary Nursing Journal (ICON Journal), 2(2), 1. https://doi.org/10.20956/icon.v2i2.7675

Mulya, H., & Indrawati, E. (2016). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Empati, 5(2), 296–302.

Nindyati, A. D. (2020). Kecerdasan Emosi Dan Stres Akademik Mahasiswa: Peran Jenis Kelamin Sebagai Moderator Dalam Sebuah Studi Empirik Di Universitas Paramadina. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 127. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.25505

Octavia, E., & Nugraha, S. P. (2013). Hubungan antara adversity quotient dan work-study conflict pada mahasiswa yang bekerja. Psikologi Integratif, 1(1), 44–51. http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/PI/article/view/262/243

Pardamean, E., & Lazuardi, M. J. (2019). the Relationship Between Gender and Psychological Stress in Grade 11 Science Students At a High School in Tangerang [Hubungan Jenis Kelamin Dengan Stres Psikologis Pada Siswa-Siswi Kelas Xi Jurusan Ipa Di Sma X Tangerang]. Nursing Current Jurnal Keperawatan, 7(1), 68. https://doi.org/10.19166/nc.v7i1.2226

Puspitadewi, N. W. S. (2012). Hubungan Antara Stres Dan Motivasi Kerja Pada Mahasiswa Yang Bekerja Paruh Waktu. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 2(2), 126–134.

Sari, N., & Oktariani. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Stres Kerja Karyawan di PT Karya Delka Maritim Medan. Jurnal FPSi, 2(1), 55–61.

Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3), 733–739. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.431

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Utamajaya, I., & Sriathi, A. (2015). Pengaruh Motivasi, Komunikasi, Serta Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada Fuji Jaya Motor Gianyar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(6), 253797.

Yuliantini, T. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosi (Eq) Dan. 3(1), 58–71.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i1.7192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id