Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Pengerjaan Skripsi

Emmy Rusmiati, Hairani Lubis, Aulia Suhesty

Abstract


This study aimed to determine the impact of intensity using social media and self-efficacy towards procrastination in working on thesis in students of psychology at Mulawarman University. This study used quantitative approach. Research subjects consist of 50 psychology students that chosen using purposive sampling technique. Data collection method used in the procrastination scale in working on the thesis, intensity using social media and self-efficacy. Research data analyzed with multiple linear regression by the program Statistical Package for Social Science (SPSS) 20.0 for Windows. The results showed that: (1) there was positive impact of intensity using social media and self-efficacy toward procrastination in working on thesis with F value = 45.714, R2= 0.660, p = 0.000; (2) there was positive impact of intensity using social media on procrastination in working on thesis with beta coefficient = 0.523, and t = 5.300 and p value = 0.000; (3) there was negative impact of self-efficacy on procrastination in working on thesis with beta coefficient = -0.410, t = -4.152 and p value = 0.000. Contribution of intensity using social media and self-efficacy to the procrastination in working on thesis in student of psychology at Mulawarman University amounted to 66 percent.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunan media sosial dan efikasi diri terhadap prokrastinasi pengerjaan skripsi pada mahasiswa program studi psikologi Universitas Mulawarman Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 50 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala prokrastinasi pengerjaan skripsi, intensitas penggunaan media sosial, dan efikasi diri. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical package For Social Sciences (SPSS) 20.00 for windows. Hasil dari penelitian ini menjukkan bahwa (1) ada pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan efikasi diri terhadap prokrastinasi pengerjaan skripsi yaitu dengan nilai F = 45.714, R2= 0.660, dan p = 0.000; (2) ada pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap prokrastinasi pengerjaan skripsi dengan nilai beta = 0.523, t = 5.300, dan p =0.000; (3) ada pengaruh efikasi diri terhadap prokrastinasi pengerjaan skripsi dengan nilai beta = -0.410, t = -4.152, dan p = 0.000. Kontribusi intensitas penggunaan media sosial dan efikasi diri dengan prokrastinasi pengerjaan skripsi pada mahasiswa program studi psikologi Universitas Mulawarman Samarinda adalah sebesar 66 persen.


Keywords


educated and social psychology

Full Text:

PDF

References


Aini, N. A., & Mahardayani, H. I. (2011). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(2), 6571.http://eprints.umk.ac.id/271/1/65_-_71.PDF

Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior. Open University Press.

Anngi, E. F. S. (2012). Hubungan antara intensitas menonton sinetron televisi terhadap perilaku imitasi gaya hidup artis pada remaja. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Beard, K.W. & Wolf, E. M. (2001). Modification in the proposed diagnostic criteria for internet addiction. CyberPsychology & Behavior, 4(3), 377-383. https://psycnet.apa.org/doi/10.1089/109493101300210286

Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008).Procrastination: Why do it, what to do about it now. USA: Da Capo Press.

Darmono, A., & Hasan, A. (2002). Menyelesaikan skripsi dalam satu semester. Grasindo.

Elia, H. (2009). Kecanduan berinternet dan prinsip-prinsip untuk menolong pecandu internet. Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 10 (2), 285-299. https://doi.org/10.36421/veritas.v10i2.214

Endrianto, C. (2014). Hubungan antara self control dan prokrastinasi akademik berdasarkan TMT. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3 (1),1-11.https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1501/1221

Fauziah, H. H. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132.https://doi.org/10.15575/Psy.V2i2.453

Ghufron, M. N. (2003). Hubungan kontrol diri dan persepsi remaja terhadap penerapan disiplin orang tua dengan prokrastinasi akademik. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Gadjah mada, Yogyakarta.

Hervani, S. G. (2016). Penggunaan sosial media dan dampak terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. EJournal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 62-69. https://adoc.pub/penggunaan-sosial-media-dan dampak-terhadap-prokrastinasi-ak.html

Mujahidin & Adnan, M. (2014). Panduan penelitian praktis untuk menyusun skripsi, tesis, dan disertasi. Alfabeta.

Putra, J. & Halimah, L. (2015). Hubungan antara self efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas pendidikan agama islam di Universitas Islam 45 Bekasi. Prosiding Psikologi, 1(2), 437-445. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1354/pdf

Rahayu, N. (2013). Hubungan antara self efficacy dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2008 Universitas Negeri Yogyakarta. (Skripsi tidak diterbitkan). Diakses darihttps://core.ac.uk/download/pdf/33512817.pdf

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i1.7175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id