Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perilaku Agresif pada Anak Pra-Sekolah (4-6 Tahun)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwisol. (2016). Psikologi kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Amanda, R, A. (2016). Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku agresif remaja di Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi. 4 (3) 290-304.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arriani, F. (2014). Perilaku agresif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 8 (2) 269-280.
Azwar, S. (2010). Metode penelitian. Yogyakarta: Pelajar Offset.
Baron, R, A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Buss, A, H., & Perry, M. (1992). The aggression questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology. 63 (3) 452-459.
Chaplin, J, P. (2006). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Delima, R., Arianti, N, K., & Pramudyawardani, B. (2015). Identifikasi kebutuhan pengguna untuk aplikasi permainan edukasi bagi anak usia 4-6 tahun. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. 1 (1) 40-47.
Dwiyono, F. (2009). Kecenderungan berperilaku agresif ditinjau dari identitas peran gender. (Skripsi). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.
Haryanto, A, T. (2019, Agustus-29). 32,2% Penduduk Kaltim belum tersentuh internet. Detikinet. Diakses dari https://inet.detik.com/telecommunication/d-4685492/322-penduduk-kaltim-belum-tersentuh-internet.
Istiqomah, S, N., & Lisiswanti, R. (2017). Dampak eksposur layar monitor terhadap gangguan tidur dan tingkat obesitas pada anak-anak. Jurnal Majority. 6 (2) 73-78.
Jayani, D, H. (2019, Agustus-23). Calon ibu kota baru, berapa jumlah penduduk Kalimantan Timur?. Databoks. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/08/23/calon-ibu-kota-baru-berapa-jumlah-penduduk-kalimantan-timur.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2017). Kamus besar bahasa Indonesia (edisi ke-5). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Martani, W. (2012). Metode stimulasi dan perkembangan emosi anak usia dini. Jurnal Psikologi. 39 (1) 112-120.
Myers, D, G. (2012). Psikologi sosial (edisi 10 buku 2). Jakarta: Salemba Humanika.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia pra-sekolah. Buletin Psikologi. 23 (2) 103-111.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Periantalo, J. (2016). Penelitian kuantitatif untuk psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Permatasari, D, A., Sugito., & Savitri, A, F. (2017). Dinamika perilaku agresif anak yang bermain game pada anak kelompok B4 di TK Aba Wonocatur Banguntapan Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6 (2) 149-160.
Pinasti, D, A., & Kustanti, E, R. (2017). Hubungan antara empati dengan adiksi smartphone pada mahasiswa fakultas ilmu budaya dan fakultas sains dan matematika Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati. 7 (3) 183-188.
Ramadhan, B. (2018, Februari-06). Inilah perkembangan digital Indonesia tahun 2018. Goodnewsfromindonesia. Diakses dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/02/06/inilah-perkembangan-digital-indonesia-tahun-2018.
Rinanda, F, Z., & Haryanta. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan agresifitas pada atlet futsal. Jurnal Psikologi Gadjah Mada. 3 (1) 37-44.
Santrock, J, W. (2007). Perkembangan anak (Edisi Ke-11 jilid 2). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Santoso, S. (2017). Statistik multivariant dengan SPSS. Jakarta: Gramedia.
Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Selwyn, N. (2009). The digital native-myth and reality. Aslib Proceedings: New Information Perspectives. 61 (4) 364-379.
Sobkin, V, S., & Skobeltsyna, K, N. (2011). Game preferences of modern preschoolers (based on survey among parents). Psychological Science and Education. (2) 39-48
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Tenplay. (2017). Bill Gates reveals the 'safe' minimum age for kids to get a smartphone. Tenplay. Diakses dari https://tenplay.com.au/news/national/april-2017/bill-gates-reveals-the-safe-minimum-age-for-kids-to-get-a-smartphone.
Trinika, Y. (2015). Pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia prasekolah di TK swasta Kristen Immanuel tahun ajaran 2014-2015. (Skripsi). Universitas Tanjungpura.
Tola, Y, P. (2018). Perilaku agresif anak usia dini di lihat dari pola asuh orangtua. Jurnal Buah Hati. 5 (1) 1-13.
Witarsa, R., Hadi, R, S, M., Nurhananik., & Haerani, N, R. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Pedagogik. 6 (1) 9-20.
Wulandari, F, C., & Ristiawanti. (2018). Hubungan tipe pola asuh orangtua dengan kebebasan penggunaan gadget pada anak di SD Negeri Burat Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Jurnal Komunikasi Kesehatan. 9 (2) 18-28
Yanica, N, L. (2014). Korelasi antara kebutuhan afiliasi dan keterbukaan diri dengan intensitas menggunakan jejaring sosial pada siswa kelas VII SMPN 15 Yogyakarta. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id