Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriansyah, M.A., Munawarah, R., Aini, N., Purwati, P., & Muhliansyah, M. (2017). Pendekatan transpersonal sebagai tindakan preventif “domino effect” dari gejala fomo “fear of missing out” pada remaja milenial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 33-40.
Amaliya, L. (2017). Pengaruh penggunaan media sosial instagram, teman sebaya, dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif siswa (studi kasus pada siswa kelas xi sma negeri 1 semarang). Economic Education Analysis Journal, 6 (3), 656-998.
Atmoko, D.B. (2012). Instagram handbook tips fotografi ponsel. Jakarta: Media Kita.
Azwar, S. (2015). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (2010). Self efficacy mechanism in psychological and health promoting behaviour. New Jersy: Prentice Hall.
Baron, R.A., Byrne, D., & Branscombe, N.R. (2008). Social psychology (12th ed.). Boston: Pearson Education.
Chaplin, J.P. (2011). Kamus lengkap psikologi, diterjemahkan: kartini kartono. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada.
David, W.J., & Frank, P.J. (2003). Joining together: group theory and group skills seventh edition. Boston: Allyn and Bacon.
Fitriyani, N., Widodo, P.B., Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di genuk indah semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12 (1), 55-68.
Hadi, S. (2004). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Ho, H., Shin W., & Lwin, M.O. (2017). Social networking site use and materialistic values among youth: the safeguarding role of the parent-child relationship and self-regulation. Comunication Research, 1-26.
Judhita, C. (2011). Hubungan penggunaan situs jejaring sosial facebook terhadap perilaku remaja di kota makasar. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM, 13 (1), 1-23.
Khairunnisa. (2014). Dampak aplikasi instagram terhadap perilaku konsumtif remaja dalam berbelanja online di kalangan siswa - siswi sma negeri 2 tenggarong. E – Journal Ilmu Komunikasi, 2 (4), 220-230.
Kupperschmidt, B. R. (2000). Multigeneration employees: strategies for effective management. Health Care Manager. 19 (1), 65-76.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, & Harlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). 2 (2), 1-6.
Lewis, B.K. (2010). Social media and strategic communication: attitudes and perceptions among college students. Public Relation Journal, 4, 1-23.
Maharani, Y.D.L. (2019). Pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian skincare korea. Skripsi. Jakarta: Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta.
Mangkunegara. (2002). Perilaku konsumen edisi revisi. Bandung: PT Refika Aditama.
Myers, D.G. (2012). Psikologi sosial jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Purwanto, A., Erwan, Sulistyastuti, D.R. (2007). Metode penelitian kuantitatif, untuk administrasi publik, dan masalah-masalah sosial. Yogyakarta: Gaya Media.
Putri, H.S., & Indrawati, E.S. (2016). Hubungan antara konformitas terhadap teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada siswi di sma semesta semarang. Jurnal Empati, 5 (3), 503-506.
Putro, K.Z. (2017). Memahami ciri dan perkembangan masa remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama. 17 (1), 25-32.
Rahma, A.N. (2018). Pengaruh intensitas mengakses instagram terhadap perilaku konsumtif siswa-siswi SMA muhammadiyah 1 kota magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.
Rismana, A., Normelani, E., & Adyatma, S. (2016). Pengaruh jejaring sosial terhadap motivasi belajar siswa-siswi sekolah menengah pertama (SMP) di kecamatan Banjarmasin barat. Jurnal Pendidikan Geografi, 3 (5), 38-50.
Sarwono, S.W. (2002). Psikologi remaja. Jakarta: Rajawali.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Alfabeta.
Widarjono, A. (2015). Analisis multivariate terapan. Yogyakarta: UPP. STIM YKPN.
Zolkepli, I.A., & Kamarulzaman,Y. (2015). Social media adoption: the role of media needs and innovation characteristics. Computers in Human Behavior, 43, 189-209.
DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5973
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________
PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi
Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id