Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa

Syazira Nira Sandya, Ayunda Ramadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain game online terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013-2014 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda yang sedang mengerjakan skripsi serta bermain game online, dengan jumlah sampel 120 orang mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianlisis dengan bantuan program Statistical Packages for Social Science (SPSS) 24.0 for wndows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh intensitas bermain game online terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Pada intensitas bermain game online terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai beta = 0.529; t hitung > t table (5.504 > 1.990) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05)


Keywords


Prokrastinasi akademik, Intensitas bermain game online

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2004). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

_______. (2010). Sikap manusia teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Burhani, I.I. (2016). Pemaknaan prokrastinasi akademik pada mahasiswa semester akhir di universitas muhammadiyah surakarta. (naskah publikasi). Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Daldiyono. (2009). How to be a real and successful student. Jakarta: Kompas Gramedia.

Darmono, A & Hasan, A. (2002). Menyelesaikan skripsi dalam satu semester. Jakarta: Grasindo.

Ghufron. M.N. (2003). Hubungan kontrol diri dan persepsi remaja terhadap penerapan disiplin orang tua terhadap prokrastinasi akademik. Tesis. Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta.

Imanuel, N. (2009). Gambaran profil kepribadian pada remaja yang kecanduan game online dan yangt tidak kecanduan game online. (naskah publikasi): Fakultas Psikologi UI.

Kartini, H. (2016). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan intensitas bermain game online dengan intensi berperilaku agresif pada siswa sma katolik w.r. soepratman Samarinda. Jurnal Psikoborneo, 4(4), 739-750.

Kurniawan, D.E. (2017). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling, 3(1), 91-103.

Lisa, T. I. (2010). Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada remaja. (naskah publikasi): Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII.

Mahardika, Y. & Yulianti, D. A. (2018). Hubungan antara kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Yogyakarta. (naskah publikasi): Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.

Saman, A. (2017). Analisis prokrastinasi akademik (studi pada mahasiswa jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan fakultas ilmu pendidikan. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 3(2), 55-62.

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65– 94.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Suhadianto & Nindia P. (2019). Eksplorasi faktor penyebab, dampak, dan strategi untuk penanganan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Riset Aktual Psikologi, 10(2), 204-223.

Wolters, C. A. (2003). Understanding procrastination from a self-regulated learning perspective. Journal of Educational Psychology, 95(1), 179-187.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id