Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Orientasi Masa Depan Pada Siswa SMA Negeri X Samarinda

Mega Puspita Latisi, Lisda Sofia, Aulia Suhesty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan orientasi masa depan pada siswa SMA Negeri X Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 152 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala orientasi masa depan dan skala efikasi diri. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai r hitung = 0.643 lebih besar dari r tabel dan nilai sig = 0.000 kurang dari 0.05, dimana angka ini menunjukkan adanya korelasi atau hubungan yang positif antara efikasi diri dengan orientasi masa depan, artinya semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi orientasi masa depan.

Keywords


Orientasi masa depan, efikasi diri

Full Text:

PDF

References


Agusta, Y. N. (2015). Hubungan antara orientasi masa depan dan daya juang terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir fakultas ilmu sosial dan ilmu politik di universitas mulawarman. Jurnal Psikologi, 3 (1), 373.

Aqib, Z. (2012). Ikhtisar bimbingan dan konseling di sekolah. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2009). Metode penelitian. Yogyakarta: Pelajar Offset.

Bungin, B. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif. Depok: Prenadamedia Group

Desmita. (2013). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fatimah, E. (2010). Psikologi perkembangan (perkembangan peserta didik). Bandung: CV Pustaka Setia

Fatmawati, C. (2014). Hubungan self efficacy dengan orientasi masa depan pada siswa kelas XII di SMA al-maarif singosari malang. (skripsi tidak diterbitkan). UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Gufron, M. N. & Rini, R. S. (2016). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadi, S. (2007). Metodologi research jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Hayadin. (2005). Peta masa depanku. Jakarta: elSAS

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan : Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Jahja, Y. (2015). Psikologi perkembangan. Jakarta: Prenamedia Group

Magfirah, N. H., Khumas, A., & Siswanti, D. N. (2018). Peningkatan Efikasi Diri Melalui Pelatihan Orientasi Masa Depan Narapidana Remaja. Jurnal Psikologi Talenta, 3 (2), 190.

Martono, N. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhadjir, N. (2013). Psikologi positif. Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin.

Putra, M. D. K., & Tresniasari, N. (2015). Pengaruh dukungan sosial dan self-efficacy terhadap orientasi masa depan pada remaja. Jurnal Psikologi, 20 (1), 78.

Sadewi, A.I., Suguharto, DYP., & Nusantoro, E. (2012). Meningkatkan self efficacy pelajaran matematika melalui layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik. Journal of guidance and counseling: Theory and application, 1 (2), 8.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015).Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D. K. (2010). Pengantar pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suryabrata, S. (2008). Metode penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tangkeallo, G. A., Purbojo, R., & Sitorus, K. S. (2014). Hubungan antara self-efficacy dengan orientasi masa depan mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Psikologi, 10 (1), 31.

Tohirin. (2015). Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (berbasis integrasi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Trijono, R. (2015). Metodologi penelitian kuantitatif. Depok: Papas Sinar Sinanti.

Warsito, H. (2004). Hubungan antara self-efficacy dengan penyesuaian akademik dan prestasi akademik. Jurnal Psikologi, 14 (02), 92.

Wirawan. (2015). Managemen sumber daya manusia: Teori, psikologi, hukum ketenagakerjaan. aplikasi dan penelitian: Aplikasi dalam organisasi bisnis, pemerintahan dan pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yusuf, S. L. N. (2009). Program bimbingan dan konseling di sekolah. Bandung: Penerbit Rizqi Press.

_____¬¬¬_¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬___¬¬¬¬¬_____. (2017). Bimbingan dan konseling perkembangan : Suatu pendekatan komprehensif. Bandung: PT Refika Aditama.

Yusuf, S.L.N. & Juntika, N. (2012). Landasan bimbingan dan konseling. Bandung: PT Remaja Rosdaka rya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id