Pengaruh Konsep Diri dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kesiapan Kerja Pada Generasi Millennial

Mediana Muljanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh konsep diri dan komunikasi interpersonal terhadap kesiapan kerja pada generasi millennial. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa psikologi Universitas Mulawarman Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 618 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala kesiapan kerja, skala konsep diri, dan skala komunikasi interpersonal. Ketiga skala tersebut disusun dengan model likert dan menggunakan analisis regresi berganda perhitungan statistiknya menggunakan bantuan program komputer SPSS (Statistical Packages for Social Science) versi 21.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan komunikasi interpersonal dengan kesiapan kerja pada mahasiswa psikologi Universitas Mulawarman Samarinda, dengan nilai diperoleh F hitung > F tabel (10.643 > 3.09), R = 0.180, dan p = 0.000 < 0.050. Terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap kesiapan kerja dengan nilai beta = 0.299; t hitung = 2.294 > t tabel = 1.984 dan p = 0.024. Tidak terdapat pengaruh antara komunikasi interpersonal terhadap kesiapan kerja dengan nilai beta = 0.156; t hitung = 1.202 < t tabel = 1.984 dan p = 0.232.

Keywords


Kesiapan Kerja, Konsep Diri, Komunikasi Interpersonal

Full Text:

PDF

References


Agusta, Y. N. (2015). Hubungan antara orientasi masa depan dan daya juang terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir. Ejournal Psikologi. 3(1), 369-381.

Aminudin. (2016). Pengaruh kedisiplinan, kemampuan komunikasi interpersonal dan kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI teknik instalasi tenaga listrik. (Tesis). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Arikunto, S. (2005). Manajemen penelitian (edisi revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek (edisi revisi vi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aziz, F., & Suryadi, E. (2017). Pengaruh budaya organisasi dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja pegawai di biro umum kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran. 1(1), 70-79.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi (edisi dua). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2018). Jumlah Angkatan Kerja Indonesia. Jakarta: Penulis. Diakses dari https://www.bps.go.id/.

Fernandes, S., & Hardivizon. (2016). Hubungan interpersonal skill karyawan terhadap minat masyarakat muslim menjadi anggota koperasi syariah. Journal of Islamic Economic. 1(2), 130-146.

Hadi, S. (2004). Statistik jilid dua. Yogyakarta: Andi Offset.

Hidayat, D. (2012). Komunikasi antarpribadi dan medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hurlock, E.B. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Ihsan, M. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja pada siswa SMK negeri 1 sinjai. (Tesis). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Indriyana, F. (2017). Work values generasi Y. (Tesis). Universitas Diponegoro, Semarang.

Liauwrencia, P. F., & Putra, D. (2014). Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XII IPA2 SMA dharma putra tangerang. Jurnal NOETIC Psychology. 4 (1), 62-80.

Pandjaitan, R.H. (2010). Mengenali ilmu komunikasi. Jakarta: Widya Padjadjaran.

Papalia, D.E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Perkembangan manusia (edisi sepuluh). Jakarta: Salemba Humanika.

Pool, L. D., & Sewell, P. (2007). The key to employability: Developing a practical model of graduate employability. Journal pdf Education And Training. 49 (4).

Pujianto., & Arief, S. (2016). Pengaruh pengalaman on the job training dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa. Economic Education Analysis Journal. 6(1), 173-187.

Puspitasari, I. (2019). Pengaruh praktek kerja industri, motivasi kerja, dan kemampuan softskill terhadap kesiapan kerja. Ejournal Educational Psychology.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Safitri, K., Mayasari, S., & Widiastuti, R. (2019). Analisis tingkat kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir program studi pendidikan seni tari FKIP Universitas Lampung. Jurnal FKIP Unila.

Santoso, S. (2015). Statistik Parametrik: Konsep dan aplikasi dengan spss. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.

Santrock, J.W. (2012). Perkembangan masa hidup (edisi ketigabelas jilid dua). Jakarta: Erlangga.

Sazali, I.A. (2014). Pengaruh konsep diri dan kedisiplinan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI bidang keahlian administrasi perkantoran. Economic Education Analysis Journal. 3(1), 94-98.

Setyaningrum, D. F., Sawiji, H., & Ninghardjanti, P. (2018). Pengaruh keaktifan berorganisasi dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran. Jurnal Informasi dan Komunikasi. 2(2), 27-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id