Pengaruh Citra Merek dan Dukungan Selebriti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makeup Emina Pada Mahasiswi

Risma Fernanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan dukungan selebriti terhadap keputusan pembelian makeup Emina pada mahasiswi kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 100 orang mahasiswi kota Samarinda dengan menggunakn teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala keputusan pembelia, citra merek, dan dukungan selebriti yang sebelumnya dilakukan uji tryout terlebih dahulu. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi linear berganda dan sederhana dengan bantuan program Statistical Package for Social Science (SPSS) 21.0 for windows. Hasil analisis regresi berganda dan regresi sederhana dengan taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara citra merek dan dukungan selebriti terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung > F tabel (7.698 > 3.09), R2 = 0.137, dan p = 0.001; (2) ada pengaruh citra merek dengan keputusan pembelian dengan nilai beta (β) = 0.412, t hitung > t tabel (3.541 > 1.661), dan p = 0.001; dan (3) tidak ada pengaruh dukungan selebriti dengan keputusan pembelian dengan nilai beta (β) = -0.082, t hitung < t tabel (0.704 < 1.661), dan p = 0.483.


Keywords


Keputusan Pembelian, Citra Merek, Dukungan Selebriti

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Munawarah, R., Aini, N., Purwati, P., & Muhliansyah, M. (2017). Pendekatan transpersonal sebagai tindakan preventif “domino effect” dari gejala fomo (fear of missing out) pada remaja milenial. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 33-40.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Barewot, J. (2016) Celebrity endorsement on cosmetic produc and its impact on sales in Jakarta. Journal of business strategy and execution, 10(1), 52-60.

Henslowe, P. (2008). Public relation, a practical guide to the basics. USA: Kogan Page Ltd.

Kalangin, N.J., Tamengkel, L.F., & Walangitan, O. (2019). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadp keputusan pembelian shampoo clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44-54.

Keel, A., & Nataraajan, R. (2012). Celebrity endorsement and beyond: new avenues for celebrity branding. Psychology & Marketing, 29(9), 690-703.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2009). Manajemen pemasaran. (edisi ke-12). Jakarta: Indeks.

Perdana, T.I. (2018) Tren makeup di mata milenial. Diakses dari http://wartafeno.com/2018/10/16/tren-makeu-up-di-mata-milenial/html.

Plugpongpan., Jirawan., Leela, T., & Mark, S. (2016). University social responsibility and brand image of private university in bangkok. International Journal of Educational Management, 30(4), 1668-1690.

Rohmad., & Supriyanto. (2015). Pengantar statistika: panduan praktis bagi pengajar dan mahasiswa. Yogyakarta: Kalimedia.

Schouten, A.P., Janssens, L., & Verspaget, M. (2019). Celebrity vs influencer endorsement 8in advertising: the role of identification, credibility, and product-endorser fit. International Journal of Advertising, 39(2), 258-281.

Setiadi, J.N. (2010). Perilaku konsumen: konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Strutton, D., Holmes, G., & Amos, C. (2008). Exploring the relationship between celebrity endorser effect and advertising effectiveness. A Quantitative Synthesis of Effect Size. International Journal of Advertising, 27(2), 29-34.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suharno. (2010). Marketing in practice. (edisi ke-1). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuniarti, V.S. (2015). Perilaku konsumen teori dan praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Yuwanto, L. (2018). Fungsi makeup dari tinjauan psikologi. Diakses dari https://www.ubaya.ac.id/2018/content/articles¬_detail/12/Fungsi-Make-up-dari-Tinjauan-Psikologi.htlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id