Ketangguhan dan Dukungan Sosial Pada Ibu yang Memiliki Anak Dengan Autisme

Puput Aulita

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah melihat bagaimana gambaran ketangguhan ibu yang memiliki anak autisme serta bentuk dukungan sosial yang diterima oleh ibu. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan subjek dan informan dalam penelitian berdasarkan atas ciri-ciri yang memenuhi tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan pada 4 orang ibu di kecamatan Palaran kota Samarinda yang memiliki anak dengan autisme yaitu ibu EF, ibu MK, ibu MA dan Ibu RS. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa ketangguhan pada ibu yang memiliki anak autisme di kecamatan Palaran lebih dominan pada aspek komitmen dan tantangan. Pada bentuk dukungan sosial yang diperoleh ibu menunjukkan bahwa keseluruhan subjek sangat kurang mendapatkan dukungan sosial dalam bentuk instrumental.

Keywords


Ketangguhan, Dukungan Sosial, Autisme

Full Text:

PDF

References


Abery, I.P., Munafo, M. (2008). Key concept in health psychology. London: Sage Publication.

Anggraeni, T.P. (2014). Hubungan antara psychological well-being dan kepribadian hardiness dengan stress pada petugas port security. Character. Vol. 3. No. 2.

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorder. Edisi DSM-5. Washinton DC: American Psychiatric Publishing. Washinton DC.

Aziz, A., dan Fatma, A. (2013). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri orang tua yang memiliki anak autis. Talenta Psikologi. Vol. 2. No. 2. Edisi Agustus. Surakarta Program Studi Psikologi Fak Ilmu Kesehatan, Univ Sahid Surakarta.

Daulay, N. (2016). Gambaran ketangguhan ibu dalam mengasuh anak autis. Psikohumaniora. Vol.1. No.1. Hal. 49-74. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Devina, G. dan Penny, H.(2016). Gambaran proses penerimaan diri ibu yang memiliki anak disleksia. Indonesian Journal of Disability Studies. Vol.3. No.1. Hal. 44-52. Fakultas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta.

Fitriani, A dan Ambarini, T.K. (2013). Hubungan antara hardiness dengan tingkat stress pengasuhan pada ibu dengan anak autis. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Vol. 2. No. 2.

Gardner, L. M. (1999). The hardy personality. Dallas, Texas.

Garnida, D. (2015). Pengantar pendidikan inklusif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hidayati, N. (2011). Dukungan sosial bagi keluarga anak berkebutuhan khusus. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik. Vol. 13. No.1.

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati dan Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Istiningtyas, L. (2013). Kepribadian tahan banting (hardiness personality) dalam Psikologi Islam. Vol.2. No. 1.

Maddi, S. M. (2002). The story of hardiness: twenty years of theorizing, research, and practice. Consulting Psychology Journal: Practice and Research, Vol. 54(3): 175-185

____________. (2006). Hardiness: the courage to grow from stresses. The Journal of Positive Psychology. Vol.1 No.1. Hal. 160-168.

Maddi, S.M. (2013). Hardiness turning stressful circumstances into resilient growth. Ebook: Springer.

Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Melati, R., dan Raudatussalamah. (2012). Hubungan dukungan sosial suami dengan motivasi dalam menjaga kesehatan selama kehamilan. Jurnal Psikologi. Vol. 8. No. 2. Edisi Desember.

Mudjito, dkk. (2014). Deteksi dini diagnosa gangguan spectrum autisme dan penanganan dalam keluarga. Jakarta. Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus.

Mulyadi, K. (2011). Autisme is treatable. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Nirmala, A.P. (2013). Tingkat kebermaknaan hidup dan optimisme pada ibu yang mempunyai anak berkebutuhan khusus. Journal Universitas Negeri Semarang. Vol.2 No.2.

Nurtjahjanti, H. dan Ratnaningsih, L.Z. (2011). Hubungan kepribadian hardiness dengan optimisme pada calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) wanita di BLKLN DISNAKERTRANS Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip. Vol.10. No. 2.

Ogden, J. (2004). Health psychology: a textbook 3rd edition. New York: Open University Press.

Olivia, D.O. (2014). Kepribadian hardiness dengan prestasi kerja pada karyawan bank. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 2. No. 1. Edisi Januari.

Papalia, D.E., dkk. (2009). Human development: perkembangan manusia. Edisi 10. Jilid 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Pinel, J.P.J. (2009). Biopsikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Edisi dalam Bahasa Indonesia.

Pisula, E. (2011). A Comperhensive book on autism spectrum disorders: parenting stress in mothers and fathers of children with autism spectrum disorders. Poland: University of Warsaw.

Puri, R. (2016). Does hardiness improve resilience? International Journal of Engineering Tecnology Science and Research, Vol. 3(4): 47-49.

Rahayu, M.S. dan Lestari, I.Y. (2016). Studi deskriptif mengenai hardiness pada ibu yang memiliki anak tuna rungu di TKLB negeri Cicendo. Prosiding Psikologi. Vol. 2. No.2. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Rahmawati, dkk. (2013). Hubungan antara penerimaan diri dan dukungan sosial dengan stres pada ibu yang memiliki anak autis di SLB autis di Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa.

Santrock, J. W. (2002). Life span development: Perkembangan masa hidup. Edisi 5. Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Santrock. J.W. (2007). Remaja. Edisi kesebelas. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology: biopsychosocial interactions, seventh edition. Jhon Wiley & Sons, Inc.

Southwick, S.M., dkk. (2011). Resilience and mental health: challenges across the lifespan. United Kingdom: Cambridge University.

Subandi. (2012). Agama dalam perjalanan gangguan mental psikotik dalam konteks budaya Jawa. Jurnal Psikologi. Vol. 39. No.2. Hal. 167-179. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Taylor, S. E. (2009). Health psychology: seventh edition. New York: Mc Graw Hill.

Wardani, D.S. (2009). Strategi coping orang tua menghadapi anak autis. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. Vol.11. No.1. Hal. 26-35. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yin, R.K. (2015). Studi kasus desain dan metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id