Strategi Koping dan Stres Akademik Mahasiswa Dalam Melaksanakan Kuliah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

Dena Noor Apriliana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan strategi koping terhadap mahasiwa psikologi universitas mulawarman yang melakukan kuliah daring selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 85 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala stres akademik dan strategi koping. Teknik Analisa data menggunakan Pearson’s Correlation Product Moment. Hasil penelitian menggunakan uji korelasi pearson product moment menunjukkan bahwa nilai uji korelasi yang terbentuk adalah sebesar 0.355 dan sig 0.001, dimana angka ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang rendah dan signifikan antara variabel strategi koping dengan stres akademik, artinya semakin tinggi strategi koping dilakukan, maka semakin sering stres akademik yang dialami

Keywords


Strategi coping, Stres akademik, Kuliah daring

Full Text:

PDF

References


Agolla, J.E. & Ongori, H. (2009). An assessment of academic stress among undergraduate students: The case of University of Botswana. Educational Research and Review, 4 (2), 63-70.

Agustiningsih, N. 2019. Gambaran Stres Akademik dan Strategi Coping pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners dan Kebidanan 6 (2) 241 – 250.

Azahra, JS. (2017). Hubungan Antara Stres Akademik dengan Coping Stress pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Pendidikan Psikologi. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta.

Gadzella, B. M. & Masten, W. G. (2005). An analysis of the catagories in the student-life stress inventory. American Journal of Psychological Research, 1 (1) :1-10.

Ganesan Y, Talwar P, Norsiah F, Oon Y.B. A Study on Stress Level and Coping Strategies among Undergraduate Students. Journal of Cognitive Science and Human Development 3(2).

Hadi, Sutrisno. (2004). Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

John Hopkins. (2020). COVID-19 case tracker, Coronavirus Resource center. John Hopkins University & Medicine [Online]. Tersedia di:https://coronavirus.jhu.edu/data/cumulative-cases

Maryam, S. (2017). “Strategi Coping: Teori dan Sumberdayanya”. Jurnal Konseling Andi Matappa 1 (2): 101 – 107

Maulana dan Hamidi. (2020). “Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi”. Equilibrium: Jurnal Pendidikan. 8 (2): 224-231.

Pajarianto, H. Kadir, A. Galugu, N. Sari, P. Februanti, S. 2020. Study from Home in the Middle of the COVID-19 Pandemic: Analysis of Religiosity, Teacher, and Parents Support Against Academic Stress. Talent Development & Excellence 12 (2s) 1791 – 1807.

Pemerintah Indonesia. (2018). Undang-Undang No. 6 Tahun 2018 Yang Mengatur Tentang Kekarantinaan Kesehatan. Lembaran Negara RI Tahun 2018, No. 6. Sekretariat Negara. Jakarta.

Poon, W. C., Lee, C. K. C., & Ong, T. P. (2012). Undergraduates’ perception on causes, coping and outcomes of academic stress: its foresight implications to university administration. International Journal of Foresight and Innovation Policy, 8(4), 379. doi:10.1504/ijfip.2012.049809.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Yenjeli. (2001). “Strategi Coping Pada Single Mother Yang Bercerai”. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi. Gunadarma. 7(2).

Yesamin O. (2000). Hubungan Antara Kecenderungan Menggunakan Problem-Focused Coping dengan Tingkat Depresi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Laporan Penelitian. Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id