Gaya Hidup Dengan Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa

Wahyu Exstrada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup dengan keputusan pembelian iphone pada mahasiswa Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sample penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa pengguna iphone menggunakan teknik sampling nonprobability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala gaya hidup dan keputusan pembelian. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang terbentuk dengan nilai r hitung sebesar 0.865 merupakan nilai r hitung > r tabel, dan nilai sig. 0.000 < 0.050 dimana angka ini menunjukkan terdapat korelasi atau hubungan positif signifikan antara gaya hidup dengan keputusan pembelian pada para mahasiswa pengguna iPhone.

Keywords


Gaya Hidup, Keputusan Pembelian, Iphone

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A. Sofia, L. & Rifayanti, R. Pengaruh pelatihan pendidikan lingkungan hidup terhadap sikap peduli anak akan kelestarian lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi. 5(2), 87.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anjana, R. (2013). Pengaruh gaya hidup terhadap proses keputusan pembelian iphone pada mahasiswa komunikasi pemasaran universitas bina nusantara. (skripsi). Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Clinten, B. (2020, Januari). Alasan trio iphone 11 laris manis di indonesia. Kompas. Diakses Dari: http://tekno.kompas.com/read/2020/01/29/15040 047/alasan-trio-iphone-11-larismanisdiindonesia#source=clicktitle

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2006). Perilaku konsumen jilid 1. (Budiyanto, Trans.). Jakarta: Binarupa Aksara.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hadi, S. (2015). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Japariyanto, E., & Sugiyono, S. (2011). Pengaruh shopping lifestyle dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior masyarakat high income kota surabaya. Jurnal manajemen pemasaran, 6(1), 193-203.

Kotler, P., & Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran (edisi ke-13). Jilid 1. (Alexander Sindoro, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Liestiana. (2014), Representasi nilai produk apple (studi etnografi pada komunitas iphonesia malang). Jurnal Ilmiah Universitas Brawijaya, 3(1), 5-13.

Mowen, J, C., & Michael, M. (2002). Perilaku konsumen (Jilid 2) (L. Salim, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Munandar, A. (2001). Psikologi industri dan organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).

Pramesti, G. (2018). Mahir mengelolah data penelitian dengan spss 25. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Setiadi, Nugroho. (2003). Perilaku konsumen “konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran”. Jakarta Timur: Prenada Media.

Santoso, S. (2018). Menguasai statistik dengan spss 25. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sutisna. (2001). Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran. Jakarta: PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif r&d. Bandung: Alfabeta.

Widhiarta, E., & Wardana. (2015). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian iphone di denpasar. Jurnal. Manajemen Universitas Udayana. Bali.

Widarjono, A. (2015). Analisis multivariat terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Widjaya, B. T. (2009). Lifestyle maketing-paradigma baru pemasaran bisnis jasa. Jakarta: PT. Gramedia

Winarsunu, T. (2010). Statistika dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: UMM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id