Hubungan Stress Kerja Dengan Motivasi Kerja Pada Karyawan

Lonika Pebrianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stress kerja dan motivasi kerja pada karyawan PT. Sumalindo Lestari Jaya (SLJ) Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 80 karyawan yang dipilih dengan menggunakan tekhnik sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi kerja dan stress kerja. Teknik analisa data menggunakan uji analisis Kendall’s Tau-b dengan bantuan program Statistical package for Social Sciences SPSS 23 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada hubungan negatif antara motivasi kerja dan stress kerja melalui uji korelasi Kendall’s Tau-b dengan hasil R sebesar -0.110 dan nilai signifikan 0.036 (p < 0.50). Hal ini berarti semakin tinggi stress kerja yang dimiliki karyawan maka semakin rendah motivasi kerja yang dimiliki karyawan dan begitu juga sebaliknya. Semakin rendah stress kerja yang dimiliki karyawan maka motivasi kerjanya juga semakin tinggi.

Keywords


Stress kerja, Motivasi kerja

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M.A., Sintara, I.D., Pramujie, G.V.C., & Salsabila, A. (2020). Meningkatkan komtimen organisasi melalui pelatihan manajemen diri. Jurnal Plakat, 2 (1), 81-89.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Anoraga. (2009). Psikologi dalam perusahaan. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2016). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badeni. (2013). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Bandung: Alfabeta.

Cummings, T., & Worley, C. (2008). Organization development & change. USA: South Western Engage Learning

Daniel, Mc. (2001). Pemasaran. jilid I. Jakarta: Salemba Empat.

Handoko, T. Hani. (2012). Manajemen personalia dan sumber daya manusia. Yogyakarta. BPFE

Lal, R. S. & A. P. Singh. (2015). Does job stress play any role in work motivation of university clerical employees. International Research Journal of Social Sciences, 4(11), 7-11.

Muhdar, H.M. (2012). Stres kerja dan kinerja dalam perspektif teori dan bukti empiric. Jurnal Ekonomika-Bisnis, 3 (2), 111-120.

Munandar, A. S. (2001). Psikologi industri dan organisasi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Novianti, R. A. (2016). Pengaruh stres kerja terhadap motivasi kerja dan dampaknya terhadap kinerja karyawan di bagian finding officer dan accounting officer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) tbk, Cabang Bangkalan, Madura. Jurnal Ilmu Manajemen, 4 (4), 1-9.

Noviansyah & Zunaidah. (2011). Pengaruh stress dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Perkebunan Minanga Ogan Baturaja. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 9 (18), 43-58.

Nataliana, B., & Wijono, S. (2018). Stres kerja dengan motivasi kerja pada karyawan staf di PT SPAA Tangerang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1 (1), 96-108.

Pramana, Tony. (2011). Manajemen Risiko Bisnis. Jakarta: Sinar Ilmu.

Robbins, P. S. (2006). Perilaku organisasi. edisi sepuluh. Jakarta: Erlangga.

Sinaga, T. & Sinambela, M. (2013). Pengaruh stres kerja terhadap motivasi dan kinerja auditor pada kantor akuntan publik di kota Medan. Jurnal Akuntansi, 17(1), 75-83.

Widodo, S.E. (2015). Manajemen Pengembangan sumber daya manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wirawan. (2015). Manajemen sumber daya manusia: teori, psikologi, hukum ketenagakerjaan, aplikasi dan penelitian: aplikasi dalam organisasi bisnis, pemerintahan dan pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wardhani, W. K., Heru S. (2015). Pengaruh motivasi kerja karyawan terhadap komitmen organisasional dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, 2 (1), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id