Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XII Di SMK X

Irene Julia Andrianus

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan diarahkan untuk membentuk siswanya siap bekerja, akan tetapi penyiapan tenaga kerja tingkat menengah belum terjadi secara optimal. Masih banyak lulusan SMK yang belum siap bekerja secara terampil dan sesuai dengan jurusan yang ditempuh selama bersekolah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan kesiapan kerja pada siswa SMK X. Kesiapan kerja adalah tingkat atau keadaan yang harus dicapai oleh siswa SMK X tersebut dalam proses perkembangan perorangan pada tingkat pertumbuhan mental. Efikasi diri adalah keyakinan siswa SMK X tersebut bahwa siswa mampu untuk melakukan suatu tindakan yang akan menghasilkan dampak yang diharapkannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian berjumlah 91 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu efikasi diri dan kesiapan kerja. Analisa data yang digunakan dengan uji korelasi product moment dengan bantuan program Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan kesiapan kerja pada siswa SMK X dengan nilai hasil r = 0.240 dan p = 0.022 (p < 0.05). Sehingga dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Keywords


Efikasi diri, Kesiapan kerja

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2013. Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Caballero, C. L., Walker, A., & Tyszkiewich, M. F. (2011). The work readiness scale: Developing a measure to asses work readiness in college graduates. Journal of Teaching and Learning Graduate Employability. 2(2):41-54.

F., Azizah, Nahrussalwa, Lisnawati, R.A., Sari, & R., Rifayanti. (2016). Tari enggang sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman. 5 (2), 174-193.

Kusumaputri, R. Y. 2018. Hubungan antara kepercayaan diri dengan kesiapan kerja siswa Sekolah Menengah Kejuruan SMK. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Latif, A., Yusuf, A.M., & Effendi, Z.M. (2017). Hubungan Perencanaan Karier dan Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa. Jurnal. Konselor, 6 (1): pp. 29-38, DOI: 10.24036/02017616535-0-00.

Lauster, P. 2010. Tes kepribadian. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Santrock, J.W. (2012). Life span development (perkembangan

masa hidup) jilid 1. Edisi ke-5. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan: kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: CV. Alfabeta.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Utami, A.S. 2016. Hubungan antara dukungan sosial dengan kesiapan kerja siswa SMK. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Pool, L. D., & Sewell, P. (2007). The key to employability: developing a practical model of graduate employability. Education and training journal. 277-289.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id