Gaya Hidup Hedonisme Wanita Dewasa Awal yang Menjadi Sugar Baby

Amanda Joy Septiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gaya hidup hedonisme wanita dewasa awal yang menjadi sugar baby, aspek dan faktor yang mempengaruhi gaya hidup hedonisme, serta faktor yang mempengaruhi menjadi sugar baby. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian berjumlah tiga orang wanita dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek yang paling berpengaruh terhadap gaya hidup hedonisme subjek NN, IM dan JH adalah aktivitas dan minat. Faktor yang paling berpengaruh terhadap gaya hidup hedonisme ketiga subjek adalah kelompok referensi, motif, keluarga dan kelas sosial. Sedangkan faktor yang mempengaruhi subjek menjadi sugar baby adalah faktor internal, seperti hasrat untuk memenuhi gaya hidup, perasaan nyaman dan hidup menjadi lebih mudah.

Keywords


Gaya Hidup Hedonisme, Wanita Dewasa Awal, Sugar Baby

Full Text:

PDF

References


Ariani, D. (2010). Gaya hidup mahasiswi (studi kasus di Pondokan Arafah Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru). Skripsi. Universitas Riau, Riau.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed edisi ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendi, Yudy. (2012). Rahasia meraih hidup super sukses. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Faisal, M. (2018, 20 Maret). Tak semua sugar daddy semanis yang dibayangkan. Artikel Sosial Budaya. Tirto.ID. Diakses dari https://tirto.id/tak-semua-sugar-daddy-semanis-yang-dibayangkan-cGoe

Hartono, F. & Pujasumarta, J. (2008). Membangun komunitas formatif. Yogyakarta: Kanisius.

Lingga, Hanu. (2010). Hedon ga’ gaul, Yogyakarta: Kata Buku.

Rianto. (2013). Hubungan antara konformitas kelompok teman sebaya dengan gaya hidup hedonis pada mahasiwa Kab. Dhamasraya Di Yogyakarta. Jurnal Empati, 3-9.

Santrock, J. W. (2012). Life-span development: perkembangan masa hidup jilid satu (edisi ketigabelas). Jakarta: Erlangga.

Sari, D. I. (2006). Kesiapan menikah pada wanita dewasa awal yang bekerja. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sugiyono. (2016). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sutopo, H. B. (2006). Metodologi penelitian kualitatif (dasar teori dan terapannya dalam penelitian). Surakarta: Sebelas Maret Press.

Wahyu, E. O. (2014). PSK berseragam putih abu-abu (studi kasus tentang gaya hidup hedonisme pelajar yang bekerja sebagai PSK). Skripsi. Universitas Islam Negeri, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i3.5383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id