Kepuasan Konsumen Dengan Kesetiaan Jasa Transportasi Online

Indriani Triwanda

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan konsumen transportasi online di Samarinda. Kesetiaan konsumen adalah sikap menyenangi terhadap transportasi online yang dipresentasikan dalam penggunaan yang konsisten terhadap transportasi online sepanjang waktu. Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa sebagai seorang konsumen yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) transportasi online yang dipikirkan terhadap kinerja (atau hasil) yang diharapkan. Subjek dalam penelitian berjumlah 80 konsumen. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu kepuasan konsumen dan kesetiaan konsumen. Analisa data yang digunakan dengan uji korelasi rank spearman dengan bantuan program Statistical Package for Sosial Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan konsumen transportasi online di Samarinda dengan nilai hasil r = 0.022 dan p = 0.845 (p< 0.05) yang menujukkan korelasi atau hubungan yang sangat lemah antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan konsumen transportasi online.

Keywords


Kesetiaan, Kepuasan, Konsumen

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chandra, G. & Tjiptono, F. (2011) Service, quality, & satisfaction (3 ed.). Yogyakarta: Andi

Durianto, D. (2011). Strategi Menaklukkan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Centakan XX. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Faizan, M. (2011). Impact of Customer satisfaction on customer loyalty and intentions to switch. International Journal of Business and Social Science. 16 (2).

Freddy, R. (2010). Analisis SWOT Teknik Membedah kasus bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hangganararas, S. (2017). Analisis kelayakan layanan GOJEK sebagai moda transportasi di yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Hamdani, A. & Lupiyoadi, R. (2011). Manajemen pemasaran jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat: Jakarta.

Kotler, P. (2007). Manajemen pemasaran. Jilid Dua Edisi ke Duabelas. Jakarta: Erlangga.

Muhliansyah., Anindya, P.P., Rasyid, R., Adriansyah, M.A., & Diana. (2019). Konstruk alat ukur adaptasi lingkungan. Jurnal Psikologi. Psikostudia. 8 (2), 123- 130.

Oliver, G. (2010). Loyalitas konsumen. Jakarta: Erlangga Gramedia.

Putra, Y. P. (2014). Formulasi strategi bersaing pada universitas kadiri dalam menghadapi Persaingan Antar Perguruan tinggi sejenis di kota kediri. surabaya: Universitas Airlangga.

Tjiptono, F. (2012). Manajemen pemasaran. Jilid kesatu. Jakarta: PT. Indeks

Yunanto, Y. (2017). Pengaruh Kualitias Peayanan Dan Disiplin Kerja Aryawan Biro Administrasi Umum Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal. 15(2), 99–104

Wu, S. (2008). Social skill in the workplace: what is social skill and how does it matter. Columbia: University of Missouri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i3.5363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id