Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Go-Food pada Aplikasi Go-Jek

Dita Hidayah Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan pengguna Go-Food pada aplikasi Go-Jek di Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 pelanggan yang di tentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan dan harga. Teknik analisa data menggunakan uji analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan koefesien beta (β) =  0.061, serta nilai t hitung > t tabel (2.321 > 1.983) dan nilai p = 0.022 (p <   0.05); (2) ada pengaruh signifikan pada harga terhadap kualitas pelayanan dengan koefesien beta (β) = 0.101, serta nilai t hitung > t tabel (2.087 > 1.983) dan nilai  p = 0.044 (p < 0.05); (3) ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai F hitung > F tabel (7.217 > 3.09) dan nilai p = 0.001 (p < 0.05).

Keywords


Kualitas pelayanan, Harga, Loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Alma, B. (2005). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta

Bulan, T.P.L. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5 (2), 592-602.

Chandra, Gregorius. (2012). Strategi dan program pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Fazri, Achmad. (2015). Daftar nama ojek online lengkap. Diakses dari: http://www.fantasticblue.net

Goetsch, D.L. & Davis, S. (2010). Quality management for organizational excellence: introduction to total quality. NJ: Printice Hall International, Inc.

Hasan, Ali. (2014). Marketing dan kasus-kasus pilihan, cetakan kedua. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Husodho, W. R. (2015). Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada obyek wisata dumilah water park Madiun. Equilibrium. 3 (2), 176-190.

Kusuma, A.R., Adriansyah, M.A., & Prastika, N.D. (2013). Pengaruh daya juang, kecerdasan emosional, dan modal sosial terhadap organizational citizenship behavior dengan persepsi keadilan organisasi sebagai variabel moderasi. Jurnal Psikostudia Universitas Mulawarman, 2 (2), 100-116

Kotler, P., & Kevin L. K. (2012). Marketing management. Essex: Pearson Education Inc.

Lovelock, Christhoper. (2007). Manajemen pemasaran jasa cetakan ke-2. Indeks.

Parasuraman, A. V. (2001). Delivering quality service, (Penerjemah: Sutanto). New York: The Free Press.

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening (studi persepsi pada pelanggan Dian Comp Ambarawa). Jurnal Among Makarti, 10 (19), 70-90.

Sari, H.V.P., & Andjarwati, A.L. (2018). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai variabel intervening (studi pada konsumen biskuit oreo di Carrefour Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 6 (1), 1-9.

Siswanto, B. (2015). Manajemen tenaga kerja. Bandung: Sinar Baru.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i3.5361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id