Literasi Media Dengan Perilaku Perundungan Dunia Maya Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Remaja

Muhammad Yasin Halimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi media dengan perilaku perundungan dunia maya dalam penggunaan media sosial pada remaja di SMK Negeri 16 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 100 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku perundungan dunia maya dan skala literasi media. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji korelasi person product moment bantuan program SPSS 22.0 for windows.  Hasil penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment dengan menunjukkan nilai r hitung sebesar 0.298 (p<0,05) dimana angka ini menunjukkan terdapat hubungan yang rendah antara literasi media dan perilaku perundungan dunia maya dengan hasil semakin tinggi literasi media semakin tinggi perilaku perundungan dunia maya.

Keywords


Perilaku perundungan dunia maya, Literasi media

Full Text:

PDF

References


Asdani, K. & Community, S. (2010). Efektif Blogging dengan Aplikasi Facebook. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2014). Profil Pengguna Internet Indonesia 2014: PUSKAKOM.

Ali, M., & Asrori, M. (2012). Psikologi Remaja; Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2000). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. (2004). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bagaskara, M. (2019). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Cyberbullying Siswa Sekolah Menengah Atas Di Samarinda Sebrang. Jurnal Psikoborneo, Vol 7. No 2

Baran, S. J. (2010). Teori Komunikasi Massa Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta: Salemba Humanik.

Brewer, G., & Kerslake, J. (2015). Cyberbullying, self esteem, empathy andloneliness. UK. Computers in Human Behavior, University of Central Lancashire.

Cole, L. (1963). Psychology of Adolescence. New York: Binch Art and Company. Inc.

Dasgupta, (2010). Social Capital A multifaseted Perspective. Washibgton DC: The World Bank

Devito, (2008). Essentials of Human Communication. Boston, USA: Pearson Education, Inc.

Denis, M. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Dracic, S. (2009). Bullying and peer victimization. Materia Socio-Medica, Vol 21. No 4

Eadie, W. F. (2009). Twenty Fisrst Century Communication. San Diego University USA. SAGE Publishing.

Hasanuddin, (2011). Anxieties / Desires. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, S. (2006). Methodology Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hair, J.R. (2010). Multivariate Data Analysis. United States: Pearson

Hinduja, & Patchin. (2013). Social influences on cyberbullying behavior among middle and high school students. Journal Youth Adolescence, Vol. 80. No 12

Kowalski, R. M., Limber, S. P. & Agatston, P. W. (2012). Cyberbullying: Bullying in The Digital Age. Second Edition. Willy-Blackwill

Langos, C. (2012). Cyberbullying: The Challenge to Define. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, Vol 15. No 6

Lattimore, dkk. (2010). Public Relations: Profesi dan Praktis. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Myers, D.G. (2002). Psikologi Sosial. (Terjemahan: Mursalin, Dinastuti). Jakarta: Erlangga.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka cipta.

Notar, C. E., Padget, S., Roden, J. (2013). Cyberbullying: A Review of the Literature. Universal Journal of Educational Research, Vol 1. No 3.

Olweus, D. (2007). Olweus bullying questionnare: Standard school report. North America: Hazelden.

Pinchot, J.L., & Paullet, K.L. (2013). Social Network: Friend or Foe? A Study of Cyberbullying at a University Campus. Issues in Information Systems Vol 14. No 2.

Pratiwi, M. D. (2011). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cyberbullying pada Remaja. Seminar dan Workshop APSIFOR Indonesia.

Reksoatmodjo, T. N. (2009). Statistika untuk Penelitian dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Riebel, J., Jager, R.S. & Fischer, U.C. (2009). Cyberbullying in Germany an Exploration Prevalence, Overlapping with Real Life Bullying and Coping Strategies. Psychology Science Quarterly, Vol 51. No. 3.

Sarwono, S. W. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Santrock (2003). Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Santoso, S. 2012. Statistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

.(2015). SPSS 20: Pengolah Data Statistik di Era Informasi.Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sejiwa, (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Jakarta: PT Grasindo.

Smith, P.K. (2008). Cyber bullying: It’s nature and impact and secondary school pupils. Journal of Child Psychology and Psychiatry, Vol 49. No 4.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sonia, Livingstone. (2008). Handbook of New Media: Social Shaping and Social Consequences of ICTs. London: Sage Publications Ltd.

Tamburaka, A. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Rajawali Press.

Tokunaga, R. S. (2010). Following you home from school: A critical review and synthesis of research on cyberbullying victimization. Computers in Human Behavior.

Winarno, B. (2014). Kebijakan Publik Teori, Proses dan Studi Kasus, Cetakan Kedua, CAPS, Yogyakarta.

Willard, N. (2005). Cyberbullying and Cyberthreats. Washington: U.S Department of Education.

Ybarra, M.L. & K.J. Mitchell (2004). Online Aggressor/Targets, Aggressors, and Targets: A Comparison of Associated Youth Characteristics. Journal of Child Psychology and Psychiatry, Vol 11. No. 3.

Zuhra, U & Sari, K. (2017). Hubungan Kontrol Sosial Sekolah dengan Perilaku Cyberbullying pada Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Banda Aceh. Vola. 2. No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i3.5360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id