Gaya Hidup Brand Minded Dengan Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Pada Mahasiswa

Rosita Budi Yanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya hidup brand minded dengan keputusan pembelian smartphone iPhone pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman yang membeli smartphone iPhone dengan tipe iPhone 6, iPhone 7 atau iPhone 11 berjumlah 200 orang. Metode pengumpulan data skala gaya hidup brand minded dan keputusan pembelian. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara gaya hidup brand minded dengan keputusan pembelian dengan nilai r hitung > r tabel (0.967 > 0.138 dan nilai p = 0.000 (p < 0.05).

Keywords


Gaya hidup brand minded, Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Alamanda, Y. (2018). Pengaruh harga diri dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiwa fakultas ekonomi dan bisnis universitas mulawarman samarinda. ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id. 6(2): 410-419.

Ancok, D. (2012). Nuansa psikologi pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anggraini, E. (2012). Pengalaman komunikasi konsumen wanita dengan gaya hidup brand minded. ejournal. universitas diponegoro. 6(8):1-15.

Azwar, S. (2015). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Desmita. (2010). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fadli, A. (2010). Pendidikan lingkungan hidup: bukan untuk pembebanan baru bagi siswa, http://timpakul.web.id/plh-4.html. Diakses tanggal 4 Agustus 2019.

Fatharani, Afrida. (2010). Pengaruh gaya hidup (life style), harga (price), dan kelompok referensi (reference group) terhadap keputusan pembelian telepon seluler blackberry (studi pada mahasiswa program S1 angkatan 2009 fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas diponegoro). Jurnal Media Neliti. 5(1) : 1-20

Hadi, S. (2000). Panduan manual seri program statistik (sps 2000). Yogyakarta:

Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Harnoto, Tri. (2017). Keputusan pembelian smartphone oleh mahasiswa kelompok acuan atau gaya gidup. Jurnal Modus. 30(2): 181-197.

Hawkins, D. (2012). Consumer behavior: building marketing strategy. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Heni, S.A. (2013). Hubungan antara kontrol diri dan syukur dengan perilaku konsumtif pada remaja SMA IT abu bakar yogyakarta. Jurnal Empathy. 2(1):109-116.

Kotler, P. (2015). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Marliani, R. (2015). Psikologi industri dan organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

McNeal, L.S. (2009). Using atmospheric elements in service retailing: understanding the bar environment. Journal of Services Marketing. 23(7): 517-527.

Munandar, A.S. (2011). Psikologi industri dan organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Nugraheni, P.N.A. (2013). Perbedaan kecenderungan gaya hidup hedonis pada remaja ditinjau dari lokasi tempat tinggal. Jurnal Psikologi dan Masyarakat. 1(1):421-247.

Prihastian. 2012. Remaja lebih suka Apple daripada android. https://www.merdeka.com/teknologi/remaja-lebih-suka-apple-daripada-android.html Diakses tanggal 4 Agustus 2019.

Priyatno, D. (2010). Paham analisa statistik data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian administrasi dilengkapi Metode R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumartono. (2012). Terperangkap dalam iklan. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Surya, N. (2016). Psikologi konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Tyas, A.D.C. (2010). Hubungan pola attachment dengan self esteem remaja pada mahasiswa psikologi semester IV di universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wahyudi. (2013). Tinjauan tentang perilaku konsumtif remaja pengunjung mall samarinda central plaza. eJournal Sosiologi, 1(1): 26-36.

Wardhani, M.D. (2009). Hubungan antara konformitas dan harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i3.5359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id