Konstruksi Sosial Pada Gay Yang Coming Out

Agus Setiaji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konstruksi sosial pada kaum gay yang coming out di Samarinda. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi. dan menentukan responden melalui skrining subjek menggunakan Tes Kingsey. Metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah empat orang, dan di luar subjek utama juga melibatkan empat orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek menjadi gay karena dipengaruhi oleh faktor keluarga, faktor trauma psikologis, dan faktor lingkungan sosial. Ketiga subjek tersebut menjadi gay yang coming out atau membuka diri menjadi gay kepada orang lain karena telah melalui lima proses coming out yaitu kesadaran, eksplorasi, penerimaan, komitmen, dan integrasi. Dalam mencapai tahap integrasi ketiga subjek melalui berbagai proses kehidupan yang dapat mengubah subjek memiliki makna baru dalam hidupnya menjadi gay yang disebut konstruksi sosial yang dipengaruhi oleh proses eksternalisasi, objektifikasi, dan internalisasi. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi faktor konstruksi sosial yaitu, faktor internal: persepsi, pembelajaran, emosi, dan faktor eksternal: budaya tempat tinggal, kekeluargaan, teman sebaya.

Keywords


Konstruksi Sosial, Gay, Coming Out

Full Text:

PDF

References


Arfanda, S. (2015). Konstruksi Sosial Masyarakat terhadap Waria. Jurnal Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanudin, 1, (1). ISSN.2460-3848.

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Davies, D. (2014). Coming-out: A Rite of Passage Toward the Creation Of Lesbian, Gay, And Bisexual Identities. (Thesis or Master’s thesis).

Galink, (2013). Seksualitas Rasa Rainbow Cake: Memahami Keberagaman Orientasi Seksual Manusia. Yogyakarta: Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DIY.

Kelly, G. F. (2004). Sexuality Today: The Human Perspective (7th edition) Boston: McGraw-Hill.

Muta’afi, F., & Handoyo, P. (2015). Konstruksi sosial masyarakat terhadap penderita kusta. Jurnal Paradigma. 03 (03).

Moammar, E. (2017) Diprediksi Jumlah Gay di Indonesia Mencapai Tiga Persen Penduduk. Diakses 27 februari 2019 dari https://www.jawapos.com/metro/metropolitan/23/05/2017/diprediksi-jumlah-gay-di-indonesia-mencapai-tiga-persen-penduduk.

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2008). Psikologi Abnormal, Edisi kelima, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Nevid, J. S., Fichner-Rathus, L., & Rathus S. A. (2009). Human Sexuality in a World of Diversity (7th Edition). Boston Allyn & Bacon.

Oetomo, D. (2001). Memberi Suara Pada yang Bisu. Yogyakarta: Galang Press.

Poloma, M. (2004). “Sosiologi Kontemporer”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadarjoen, S. S. (2005). Kasus Gangguan Psikoseksual. Bandung: Refika Aditama.

Soekanto, S. (2004). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id