Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Bergabung Sebagai Anggota Dalam Bisnis Multi-Level Marketing

Muhammad Shidiq Kridani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen dan motivasi multi-level marketing terhadap pengambilan keputusan bergabung dengan PT. Harmoni Dinamik Indonesia di kotamadya Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan simple random sampling, diambil 130 karyawan sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengambilan keputusan, persepsi konsumen, dan motivasi konsumen. Kemudian, data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda pada Paket Statistik Ilmu Sosial (SPSS) 2.4 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan tingkat kepercayaan 95%: (1) terdapat persepsi konsumen yang positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan dengan koefisien beta (β) = 0,582, dan nilai t hitung> t tabel (7,351> 1,979 dan nilai p = 0,000 ( p <0,05); (2) terdapat motivasi konsumen yang positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan dengan koefisien beta (β) = 0,193, dan nilai t hitung> t tabel (2,439> 1,979) dan nilai p = 0,016 (p <0,05) (3) Terdapat persepsi dan motivasi konsumen yang nyata dan signifikan terhadap pengambilan keputusan dengan nilai f hitung> f tabel (68,103)> 3,07) dan nilai p = 0,000 (p <0,05). Besarnya sumbangan pengaruh (R²) persepsi dan motivasi konsumen terhadap pengambilan keputusan adalah 0,517 (51,7 persen).

Keywords


persepsi konsumen, motivasi konsumen, pengambilan keputusan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron., & Byrne. (2008). Social Capital Critical Perspective. New York: Oxford University Press.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2001). Perilaku Konsumen. Edisi Keenam. Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara.

Gunawan, M. A. (2013). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.

Hasan, M. I. (2004). Pokok-pokok Materi Pengambilan Keputusan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Imancezar, R. G (2011). Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Konsumen dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada DistroDistrictsides di Semarang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 10 (1): 1-30.

Joseph, G. (2013). Motivasi, Persepsi, Kualitas Layanan, dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Manado. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi.1 (4): 2253-2262.

Keegan, W. R. (2007). Manajemen Pemasaran Global. Jilid 1. Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks.

Kiyosaki, R. T., Fleming, J., & Kiyosaki, K. (2013). The Business of the 21st Century. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, P. & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Muflih, M. (2006). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Petter, J. P., & Jerry, C. O. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Konsumen, edisi ke 9. Jakarta: Salemba Empat.

Prasetijo, R. & Ihalauw, J. J. O. I. (2004). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.

Robbin, P. S., & Judge, T A. (2006). Perilaku Organisasi Edisi ke-12. Jakarta: Salemba Empat.

Sangadji, E. M. & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Schifmann, L. G., & Kanuk, L. (2004). Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks.

Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Cetakan ke-26. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id