Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri

Siela Maimunah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri terhadap penyesuaian diri pada siswa SMP tingkat I di Pondok Pesantren Syaichona Cholil Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 78 siswa sekolah menengah pertama tingkat pertama di Pondok Pesantren Syaicona Cholil Samarinda. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala dukungan sosial, skala efikasi diri dan skala penyesuaian diri. Data penelitian dianalisis dengan regresi berganda dengan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada pengaruh yang signifikan dukungan sosial dan efikasi diri terhadap penyesuaian diri siswa SMP tingkat I dengan nilai f hitung> f tabel (41,551> 3,12) dan nilai p = 0,000 (p <0,05. Kontribusi pengaruh dukungan sosial dan diri sendiri). Efikasi terhadap penyesuaian diri siswa SMP tingkat I menjadi 0,526; (2) terdapat pengaruh yang signifikan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri siswa SMP tingkat I dengan koefisien beta (β) = 0,276, dan nilai t> t tabel ( 3,042> 1,992) dan nilai p = 0,003 (p <0,05); (3) terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap penyesuaian diri siswa SMP tingkat I dengan koefisien beta (β) = 0,551, dan nilai t> t tabel (6.082> 1.992) dan nilai p 0.000 (p <0.05).

Keywords


penyesuaian diri, dukungan sosial, efikasi diri

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2005). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: Rineka Cipta.

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian edisi revisi. Malang: UMM Press.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of a control. New York: W. H Freeman and Company.

Bandura, A. (2005). Theories of personality, sixt edition. Social cognitive theory. The Mc Graw-Hill Companies

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Pustaka Setia.

Gerungan, W. A. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Ghufron, M. R. (2011). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Handono, O., & Khoirudin, B. (2013). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Stress Lingkungan Pada Santri Baru. Jurnal Emphaty. 1, (2). 79-89.

Kartono, K. 2007. Psikologi Anak Psikologi Perkembangan. Bandung: Mandar maju.

Kumalasari, F., & Latifah N. A. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur. 1, (1). 21-31.

Maddux, J. E. (1995). Self-efficacy, adaptation, and adjustment : Theory, Research and Aplication. New York: Plenum Press.

Maslihah, S. (2011). Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyifa Boarding School. Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip. 10, (2). 103-114.

Pritaningrum., & Hendriani. (2013). Penyesuaian Diri Remaja yang tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik Pada Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial. 2, (3). 135-143.

Qomar, M. (2007). Pesantren dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Jakarta: Erlangga.

Rahma, N. A. (2011). Hubungan efikasi diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja dipanti asuhan. Jurnal Psikologi Islam. 8, (2). 231-246.

Saidah, S., & Hermian, L. (2017). Dukungan Sosial dan Self Efficacy dengan Penyesuaian Diri pada Santri Tingkat Pertama di Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. 7, (2). 116-122

Sarafino, E. P. (2006). Health Psychology Biopsychosocial Interaction (5th ed). USA: John Willey & Sons Inc

Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 3. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta:Grasindo.

Sobur, A. (2011). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Taylor, S. E. (2003). Helath Psychology. Fifth Edition. United States of America: Mc Graw-Hill, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id