Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru

Andika Pramana Nugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan kompetensi terhadap kinerja guru pada Institut Pendidikan Hidayatullah Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 60 orang yang diambil dari masing-masing unit TK, SD, MTs, dan MA dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala lingkungan kerja, kompetensi dan instrumen penilaian kinerja guru dari Kementerian Pendidikan Nasional. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji Analisis Varians dengan bantuan program Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan bahwa; (1) Tidak ada pengaruh antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru, melalui uji beda Kruskall Wallis diperoleh hasil sig 0,211 (p> 0,050). (2) Tidak ada pengaruh antara kompetensi terhadap kinerja guru, melalui uji Kruskall Wallis diperoleh hasil sig 0,535 (p> 0,050).

Full Text:

PDF

References


Ahmad, L. O. I. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Idaarah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 1 (1): 133-142.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bahar, K. E. (2015). Gunakan 5 Perkara Sebelum Datang 5 Perkara. Yogyakarta: DIVA Press.

Barnawi., & Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Kemendiknas. (2011). Pembinaan Dan Pengembangan Profesi Guru, Buku 2 – Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

DPPH (Dewan Pimpinan Pusat Hidayatullah). (2015). Buku Induk Pendidikan Hidayatullah.

Hadi, S. (2004). Metodologi Research jilid 3. Yogyakarta: Andi.

Herman. (2011). Hubungan Kompetensi dengan Kinerja Guru Ekonomi SMA. Jurnal Ekonomi Bisnis. 16 (1): 17-24.

Iskandar. (2012). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kabupaten Kendal. Jurnal Unnes. 1 (2): 150-155.

Khodijah, N. (2013). Kinerja Guru Madrasah Dan Guru Pendidikan Agama Islam Pasca Sertifikasi Di Sumatera Selatan. Palembang: Cakrawala Pendidikan.

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Sekretariat Negara.

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Narsih, D. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN 23 Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi. 1 (1): 94-102.

Nitisemito, A. S. (2010). Manajemen personalia Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Pemerintah Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Poerwodarminto, W. J. S. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahmawanti, N. P., Swasto, B., & Prasetya, A. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis. 8 (2): 1-9.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rivai, V., & Basri. (2005). Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Roziqin, M, Z. (2010). Kepuasan Kerja. Malang: Averroes Press.

Sari, P. I. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 10 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan. 1 (1): 1-10.

Sedarmayanti. (2009). Pengembangan Kepribadian Pegawai. Bandung: Mandar Maju.

Situmorang, J. B., & Winarno. (2008). Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik. Klaten: Macanan Jaya Cemerlang.

Srinalia. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja guru Dan Korelasinya Terhadap Pembinaan Siswa: Studi Kasus Di SMAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika. 15 (2): 193-207.

Sugiyarti, G. (2012). Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang. 1 (2): 73-83.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Press.

Yamin, M., & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yenny. (2018). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Yayasan Pendidikan Imanuel Palu. Jurnal Katalogis. 6 (2): 98-105.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id