Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen

Saidah Putri Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat beli dengan keputusan membeli pada konsumen Kerupuk Amplang di Toko Karya Bahari Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 211 konsumen Kerupuk Amplang di Toko Karya Bahari Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis yang memiliki ciri khusus yang membedakannya dari berbagai bentuk instrumen pengumpulan data lainnya seperti kuesioner, kuesioner, inventori, dll yang meliputi skala minat beli dan keputusan pembelian. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji Kendall atau b. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat beli dengan keputusan membeli pada konsumen Kerupuk Amplang di Toko Karya Bahari Samarinda dengan nilai r 0,153, dan nilai p (sig) 0,000. Artinya semakin tinggi minat beli maka semakin tinggi pula keputusan membeli Kerupuk Amplang di Toko Karya Bahari Samarinda. Sebaliknya, semakin rendah minat beli maka semakin rendah pula keputusan pembelian dengan konsumen.

Keywords


keputusan membeli, minat beli

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Durianto., & Liana S. (2010). Strategi Menaklukkan Pasar; Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, A. (2012). Marketing Stratefy Making: Proses dan Agenda Penelitian. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. 1(1): 1-22.

Geralda. (2013). Analisis Pengaruh Penilaian Konsumen Pada Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Private Label. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.

Hadi, S. (2000). Panduan Manual Seri Program Statistik (SPS 2000). Yogyakarta:

Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Iswanto, R. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Photo Cabin. Jurnal Demandia. 1 (2): 116-133.

Kotler, P. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P, Bowen, J.T & Makens, J. (2014). Marketing for

Hospitality and Tourism: Sixth Edition. London: Pearson Education Limited.

Maghfiroh, A (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 40 (1) : 132-140.

Murtadana, R. (2014). Pengaruh Komparatif Sikap terhadap Iklan Soft dan Hard Copy pada Minat Beli Konsumen. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sanata Dharma.

Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Putra, G. P. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 48 (1) : 124-131.

Rizky, M. F., & Yasin, H. (2014), Pengaruh Promosi dna Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Bisnis. 14 (2) : 2067- 2075.

Schiffman., & Kanuk. (2009). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Septifani. (2014). Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Teknologi. 13(2): 201-218.

Sunyoto. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Swastha., & Irawan. (2013). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Swastha & Handoko. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi Metode R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Thamrin, A. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.

Waspodo, B. B. E. (2010). Studi Tentang Keputusan Pembelian Honda Vario di Kota Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. 9(1) : 45 – 58.

Wibisaputra, A. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 Kg (di PT. Candi Agung Pratama Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id