Tradisi Sajen Ditinjau Dari Teori Heuristik Ketersediaan

Monawati Tur Endah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana penilaian masyarakat tentang tradisi sajen ditinjau dari teori heuristik ketersediaan perspektif. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subjeknya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan data dokumentasi terkait keempat subjek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman. Sedangkan keabsahan datanya untuk meningkatkan ketekunan dan bahan referensi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh heuristik ketersediaan pada keempat subjek penelitian. Pertama, pengalaman masa lalu yang mempengaruhi setiap subjek. Pengalaman ini datang dari orang-orang terdekat seperti orang tua dan pengalaman pribadi yang mempengaruhi nilai mata kuliah masing-masing. Kedua, cat dasar bawah sadar yang membentuk konsep dan sifat masing-masing subjek. Hal ini terlihat dari bagaimana subjek merasakan pengaruh penggunaan sajen tersebut. Ketiga, ketersediaan informasi yang merupakan pengetahuan mata pelajaran. Ketiganya membentuk pandangan berbeda yang mengarah pada pengambilan keputusan. Secara umum keempat mata pelajaran tersebut menggunakan sajen yang ditiru oleh orang tuanya. Proses pembelajaran yang berlangsung bertahun-tahun sejak masa kanak-kanak tumbuh menjadi keyakinan yang kuat. Selain emosi yang muncul bahwa keyakinan subjek dipengaruhi oleh penggunaan sajen, hal ini juga mempengaruhi subjek untuk tidak meninggalkan tradisi sajen.

Keywords


ketersediaan heuristik, sajen, pengambilan keputusan

Full Text:

PDF

References


Alkaf, M. (2013). Berbagai Ragam Sajen pada Pementasan Tari Rakyat dalam Ritual Slametan. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 11(2).

Astuti, I. S. W., Sinaga, R. M., & Maskun, M. (2015). Arti Material Sesajen Perkawinan Adat Jawa Di Desa Mataram Baru Lampung Timur. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), 3(6).

Departemen Pendidikan Indonesia. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Elgendi, M., Kumar, P., Barbic, S., Howard, N., Abbott, D., & Cichocki, A. (2018). Subliminal priming state of the art and future perspectives. Behavioral Sciences, 8(6), 54.

Feist, J. & Feist J. G. (2010). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Fox, C. R. (2006). The availability heuristic in the classroom: How soliciting more criticism can boost your course ratings. Judgment and Decision Making, 1(1), 86.

Gozalie, S., & Anastasia, N. (2015). Pengaruh perilaku heuristics dan herding terhadap pengambilan keputusan investasi properti hunian. Finesta, 3(2), 28-32.

Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Ciputat.

Meng, S. (2017). Availability Heuristic Will Affect Decision-making and Result in Bias. DEStech Transactions on Social Science, Education and Human Science, (msie).

Milla, M. N. (2015). Bias Heuristik Dalam Proses Penilaian Dan Pengambilan Strategi Terorisme. Jurnal Psikologi Indonesia, (01).

Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Empat.

Pachur, T., Hertwig, R., & Steinmann, F. (2012). How do people judge risks: availability heuristic, affect heuristic, or both? Journal of Experimental Psychology: Applied, 18(3), 314.

Sanderson, C. A. (2010). Social Psychology. Hoboken, New Jersey: Wiley.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Utari¹, S. T., & Prastiawan, I. (2019). Nilai Ritual Dalam Pementasan Reog Ponorogo Di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Gesture, 2301, 5799.

Wade, C. & Tavris, C. (2007). Psikologi Edisi Ke-9 Jilid 2. Jakarta: Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id