Hubungan Antara Komitmen Organisasi Dengan Kohesivitas Kelompok

Yohana Endah Lukitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komitmen organisasi dengan kekompakan kelompok pada anggota komunitas CBR di Kalimantan Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang. Pengumpulan data menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan metode uji coba. Teknik analisis data untuk penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Pearson dari program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan, dengan nilai yang diperoleh dari Hasil uji korelasi linieritas dengan f hitung <f tabel (0,964 <2,76) dan p = 0,533> 0,050 dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan linier. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson diperoleh r hitung = 0. 998> r tabel = 0. 235 dan p = 0.000 <0. 050, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel komitmen organisasi dengan kekompakan kelompok pada anggota komunitas CBR di Kalimantan Timur

Keywords


komitmen organisasi, kekompakan kelompok, komunitas CBR di Kalimantan Timur

Full Text:

PDF

References


Allen., & Meyer. (2013). The Measurement and Antecedents of Affective, Contintinuance and NormativeCommitment to Organitazion. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Dwityanto, A., & Amalia, P. A. (2012). Hubungan antara kohesivitas kelompok dan komitmen organisasi pada karyawan. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami. (7). 270-276.

Idris, A. (2013). Hubungan antara komunikasi interpersonal dan komitmen organisasi dengan kepuasan kerja dosen. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 45-55.

Kusumaputri, E. S. (2013). Iklim Organisasi dan Kualitas Kehidupan Kerja Karyawan. Jurnal Humanitas. 10 (10), 75-86.

Luthans, F. (2012). Organizational Behavior, an Evidence-Based Approach. New York: The McGrow, Hill Companies.

McShane, S. L., & Von, G. M. A. (2010). Organizational Behaviour-Emerging Knowledge and Practice for The Real World 5thEdition. New York: McGraw-Hill.

Mulyono, W. A. (2010). Hubungan Spiritualitas di Tempat Kerja (STK) dengan Komitmen Organisasi Perawat di Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap. [Tesis]. Depok. Program Magister Keperawatan Universitas Indonesia.

Qomaria, N., Musadieq, M. A., & Susilo, H. (2015). Peranan Kohesivitas Kelompok Untuk Menciptakan Lingkungan Kerja Kondusif. eJurnal administrasi Bisnis. 29 (1). 78.

Robbins, S., & Judge. (2015). Perilaku Organisasi, Alih Bahasa Drs. Benyamin Molan Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Y., Erlyani, N., & Akbar, S. N. (2015). Peranan Komunikasi Interpersonal terhadap Kohesivitas Kelompok Pada Komunitas Motor di banjarbaru. Jurnal Psikologi. 2 (1). 103-107.

Sarwono, S. W. (2005). Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Terapan (Cetakkan Kedua) Jakarta: Balai Pustaka.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Walgito, B. (2007). Piskologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id