Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Iklim Sekolah Dengan Perilaku Membolos

Aswinda Laksmitaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan iklim sekolah dengan perilaku membolos pada siswa kelas XII SMK IT Airlangga Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 75 siswa kelas XII SMK IT Airlangga Samarinda Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik sampel purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku membolos, motivasi belajar, dan iklim sekolah. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan bantuan Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan antara motivasi belajar dan iklim sekolah dengan perilaku membolos dengan F hitung> F tabel (53,653> 3,12) dan p = 0,000 (p <0,05); (2) Terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara motivasi belajar dengan perilaku membolos dengan koefisien beta (β) = -0,522, t hitung> t tabel (-4,919> 1,666) dan p = 0,000 (p <0,05); (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim sekolah dengan perilaku membolos dengan koefisien beta (β) = 0,310, t hitung> t tabel (2,926> 1,666) dan p = 0,005 (p <0,05). Dan sumbangan pengaruh (R2) motivasi belajar dan iklim sekolah dengan perilaku membolos sebesar 0,598 atau 59,8 persen.

Keywords


perilaku membolos, motivasi belajar, iklim sekolah

Full Text:

PDF

References


Anitiara. (2016). Pengurangan Perilaku Membolos Di Sekolah Dengan Menggunakan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 KotaBumi Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2007). Sikap Manusia Teori dan Pengukuran, edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahri, S. (2010). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 30-39.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitrianingsih, A. (2013). Hubungan Antar Konsep Diri dan Motivasi Belajar

Dengan Kecenderungan Perilaku Membolos. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Jawa Tengah.

Hadi, S. (2003). Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id