Hubungan Intensitas Bermain Permainan Online Dengan Kecerdasan Emosional

Anggita Apriliyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara intensitas bermain game online dengan kecerdasan emosional pada remaja pemain game mobile legend di kota Samarinda. Pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebagai penelitian adalah 100 remaja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional dan skala intensitas bermain game online. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson R. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara intensitas bermain game online dengan kecerdasan emosional, dengan nilai r = -0,506 dan nilai Sig = 0,014 (P <0,05). Artinya, semakin tinggi intensitas bermain game online remaja maka semakin rendah pula tingkat kecerdasan emosinya. Sebaliknya jika semakin rendah intensitas bermain game online bagi seorang remaja maka kecerdasan emosionalnya akan semakin tinggi.

Keywords


intensitas bermain game online, kecerdasan emosional

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, B. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta.: Rajawali Pers.

Beranuy, M., Carbonell, X., & Griffiths, M. D. (2013). A Qualitative Analysis of Online Gaming. International Journal of Mental. 11(2), 149-161

Brian, G. (2005). Addiction to The Internet and Game Online Gaming. Journal of Cyber Psycology and Behavior. 8(2), 110-21

Cowie. (1994). Advanced Learner’s Dictionary. (4th Ed). Britain: Oxford University Press

Griffiths, M.D, Davies, M.N.O, & Chappell, D. (2004). Demographic Factors and Playing Variables in Online Computer Gaming. Journal of Cyber Psychology & Behavior 2(7), 479-487

Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Cetakan Keempat. Jakarta: Gramedia

Horrigan, J. B. (2002). New Internet Users:What They Do Online, What They Don’t, And Implications For The ‘Net’s Future. Journal Pew Internet and American Life Project. 1(2), 1-27.

Harsono, M. (2014), Pengaruh Bermain Game Terhadap Perkembangan Remaja. Serpong: Surya University Press.

Hasting, P. W. (2005). Addiction to The Internet and Online Gaming. Journal Cyberpsychology & Behavior. 8(2), 110-113.

Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.

Kolidiyah, U. (2013). Hubungan Antara Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosi. Journal Indigenous. 2(1), 28-41.

Laily, F. L. (2014). Hubungan antara Kecanduan Game Online dengan Motivasi Belajar pada Siswa Laki-Laki Kelas VII SMPN 13 Malang. Jurnal Psikoislammika. 2(1), 110-116

Lumban,T. (2012). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Difakultas Teknik Universitas Indonesia. Skripsi (tidak diterbitkan). Depok: Universitas Indonesia

Misnawati. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kecanduan Game Online Pada Siswa-Siswi Di Smp Yps (Yayasan Pendidikan Samarinda). Ejournal.Psikologi.Fisip-Unmul. 4 (2), 312 – 329.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Meyer, H. R. (2004). Emotional Intelligensce(Cara Humanis Memimpin Bisnis, Kuala Lumpur: Penerbit Nuansa.

Rivai, S. M. (2010). Pengaruh Budaya Sekolah, Kecerdasan Emosional, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri Kabupaten Deli Serdang. Tesis (tidak diterbitkan). Medan: Universitas Negeri Medan.

Santrock. (2003). Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Sanditaria, W. (2015). Adiksi Bermain Game Online Pada Anak Usia Sekolah Diwarung Internet Penyedia Game Online. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandung: Universitas Padjajaran.

Septia, E. S., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Anatara Kecerdasan Emosional Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Komunitas Game Ingress di Bandung. Jurnal Empati. 7(4), 1-5

Sternberg, R.J & Salovey. (2008). Psikologi Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Young, K. S., & De Abreu, C. N. (2011). Internet Addiction: A Handbook and Guide to Evaluation and Treatment. Canada: Hoboken.

Yee, N. (2002). Understanding Mmorpg Addiction. Journal of Ariadne. 1(1), 1-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id