Pengaruh Motivasi Dan Optimisme Terhadap Kedisiplinan Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an

Nikhlatun Naafiah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris ada tidaknya hubungan motivasi dan optimisme terhadap disiplin ilmu menghafal Alquran santri di Pondok Pesantren Hizbullah Shuffah Samarinda. Subjek penelitian ini adalah 58 santri hafalan Alquran di Pondok Pesantren Hizbullah Shuffah Samarinda. Metodologi penelitian menggunakan skala disiplin, skala motivasi, dan skala optimisme. Skala tersebut disusun dengan skala model likert dan diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan optimisme terhadap disiplin ilmu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan dan signifikan antara motivasi dan optimisme terhadap disiplin disiplin peserta didik hafalan Al-Qur'an di Hizbullah. Pondok Pesantren Shuffah Samarinda dengan F = 36,630, R2 = 0,571, dan p = 0,000 (p <0,05). Pada motivasi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kedisiplinan dengan a (β) = 0,590, dan nilai t = 5,262, dan p = 0,000 (p <0,05). Pada optimisme terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan dengan nilai a (β) = 0,232, dan nilai t = 2,067, dan p = 0,043 (p <0,05).

Keywords


motivasi, optimisme, displin

Full Text:

PDF

References


Ali, Z. (2008). Hukum Islam: Pengantar Hukum Islam di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Arikunto, S. (2006). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Dreikurs, R dan Cassel, P. (1991). Disiplin Tanpa Hukuman. Bandung: Remadja Karya.

Farid, H. T., Hamid, D., & Nurtjahjono, G. E. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kedisiplinan Dan Kinerja Pegawai PT. Pln Distribusi Jawa Timur Area Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 32(1), 75-81.

Goleman, D. (2003). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia.

Hadi, S. (2007). Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Hasibuan, M S.P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Kalfiyantoro, J. (2018). Pengaruh Kedisiplinan melaksanakan salat subuh terhadap tingkat Optimisme pada santri mahasiswa Wisma Prestasi Qolbun Salim Walisongo Semarang (doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).

Kirana, D. A. (2013). Hubungan Antara Motivasi Kerja dengan Disiplin Kerja Pegawai RSJ Atma Husada Mahakan Samarinda. Motivasi, 1(1), 166-176.

Mulyasa. (2009). Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2013). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prijodarminto, S. (1994). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Paramita.

Pamuji, R. E., & Prasojo, L. D. (2013). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru dan budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa di kabupaten Bantul. Jurnal Kuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2013, 1.1:109-121.

Pangestika, B. B. (2018). Hubungan persepsi tentang pengelolaan pembelajaran dengan sikap, motivasi, dan kedisiplinan belajar siswa SMA negeri 1 Baturetno, Wonogiri. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 7. (8) (2018), 792-803.

Safaria, T. (2007). Optimismtic Quotienti. Yogyakarta: Pyramid Publisher.

Sardiman, A. M. (2009). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Seligman, M. E. P. (1991). Learne Optimism. New York: Alfred A. Knof.

Seligman, M. E. P. (2005). Menciptakan Kebahagiaan dengan Psikologi Positif (Authentic Happiness). Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Siagian, S. P. (2002). Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sofia, L. (2012). Hubungan Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Dengan Motivasi Berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 81-90.

Snyder, C. R., & Lopes, J. S. (2002). Handbook of Positive Psychology. New York: Oxford university Press.

Syah, M. (2009). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ubaydillah, A. N. (2007). Optimis Kunci Meraih Sukses. Jakarta: PT Perspektif Media Komunika (versi 03).

Uno, H. B. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, B (2013). Perilaku Disiplin Siswa Ditinjau dari Aspek Pengendalian Diri (Self Control) dan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) pada Siswa SMK Wonosari Caruban Kabupaten Madiun. Jurnal Widya Warta No.01 tahun XXXV II/januari, hal.140-151.

Yanti, Y., & Marimin, M. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329-338.

Yusuf, W. F. (2015). Hubungan Dukungan Sosial dan Self-Acceptance dengan Motivasi Menghafal Al-Qur’an di Pondok Peantren Al-Qur’an Nurul Huda Singosari Malang. Jurnal Psikologi, 3(1), 01-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id