Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Perilaku Menyontek Pada Mahasiswa

Andrie Fadillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris ada tidaknya hubungan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek pada mahasiswa program studi psikologi Universitas Mulawarman tahun 2017 dan 2018. Subjek penelitian ini adalah 150 siswa tahun 2017 dan 2018 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri, dan perilaku menyontek. Ketiga skala tersebut disusun dengan menggunakan model skala likert dan analisis statistik menggunakan uji statistik product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek yaitu nilai r hitung = - 0,406> r tabel = 0,160, dan nilai p = 0,000. Pada analisis parsial ditemukan bahwa efikasi diri memiliki hubungan dengan perilaku menyontek siswa yang berasal dari rasa percaya diri yang rendah.

Keywords


efikasi diri, perilaku menyontek

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UM Press.

Anderman, E. M., & Murdock, T. B. (2007). Psychology of Academic Cheating. New York: Academic Press Inc.

Anwar, A. I. D. (2009). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 2 (2), 35-58.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S (2009). Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise Of Control. America: W.H Freeman and Company.

Bandura, A., & Schunk, D. H. (1981). Cultivating competence, self-efficacy, and intrinsic interest through proximal self-motivation. Journal of Personality and Social Psychology, 41, 586- 598.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Edisi Pertama). Jakarta: Prenada Media.

Eisingerich, A. B., & Rubera, G. (2010). Drivers of Brand Commitment: A CrossNational Investigation. Journal of International Marketing, 18 (2), 64–79.

Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori Kepribadian. Edisi ketujuh. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Firdana, G, R., Arlizon, R., & Umari, T. (2017). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Perilaku Belajar Dan Menyontek Siswa. Jurnal Online Mahasiswa, 3 (1) 21 -45.

Ghufron. M. M., & Risnawita. R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadi, S. (2015). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamdani, R. U. (2014). Perilaku Monyontek. Jakarta: Transmedia.

Hartanto, D. (2012). Bimbingan dan Konseling Menyontek. Jakarta: Indeks Jakarta

Kimberly, A. G. (2011). Persepsi Mahasiswa Tentang Kitidak-jujuran Akademik. Jurnal Ilmiah Psikologi. 3 (2), 250-270

Lupton, R. A., & Chapman, K. J. (2002). Russian and American College Students’ Attitudes, Perceptions and Tendencies Toward Cheating. Educational Research, 44 (1), 17-27.

Mujahidah. (2009). Perilaku Menyontek Laki-Laki dan Perempuan: Studi Meta Analisis. Jurnal Psikologi, 2 (2), 177-199.

Musslifah, A. (2012). Perilaku menyontek siswa ditinjau dari kecenderungan locus of control”. Talenta Psikologi. 1 (2), 125-155.

Nadhirah, Y. F. (2008). Hubungan Antara Konsep Diri dan Konformitas Terhadap Kelompok Sebaya dengan Perilaku Menyontek. Jurnal Psikologi, 6 (1), 401-406.

Ormrod, J. E. (2010). Psikologi Pendidikan Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rahmawati. (2015). Perilaku Menyontek DItinjau dari Orientasi Tujuan Belajar Siswa SMA/MA di Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis. 8 (4) 47-57.

Reyaan, M. N., & Hari, T. A. P. (2015). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Perilaku Menyontek pada Mahasiswa UST. Jurnal SPIRITS, 6 (1) 18-22

Riyanti. (2015). Intensi Mencontek dari Theory of Planned Behavior. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3 (2), 250-267.

Samiroh., & Muslimin, Z. I. (2015). Hubungan antara Konsep Diri Akademik dan Perilaku Menyontek pada Siswa-siswi Mas Simbangkulon Buaran Pekalongan. Jurnal Psikologi Islami. 1 (2) 67-77.

Shara, S. (2016). Hubungan Self-Efficacy dan Perilaku Menyontek pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X. Jurnal Ilmiah Psikologi. 9 (1) 42-49.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta.

Wade, C., & Travis, C. (2007). Psikologi Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id