Hubungan Pembelajaran Mandiri Dengan Intensitas Penggunaan Ponsel Pintar Pada Siswa

Ovie Nita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-regulated learning dengan intensitas penggunaan gadget pada siswa kelas sebelas (XI) SMAN 13 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 120 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala intensitas penggunaan gadget dan self-regulated learning. Data yang dihasilkan adalah analis dengan eksperimen penyesalan analis dengan dibantu Paket Statistik Untuk Ilmu Sosial (SPSS) 23.0 for windows. Hasil penelitian ini menggunakan korelasi analis product moment yang menunjukkan -0.022 dan sig 0.835, dimana dengan angka tersebut menunjukkan tidak ada hubungan atau hubungan antara self-regulated learning dengan intensitas penggunaan gadget.

Keywords


intensitas ponsel pintar, pembelajaran mandiri

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi Diri. Makara Sosial Humaniora. Journal Humanities. Vol. 14. No. 2.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pelajar Offset.

Chaplin. (2004). Kamus Lengkap Psikologi. Alih Bahasa Kartono, K. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ellianawati, & Wahyuni, S. (2010). Pemanfaatan Model Self Regulated Learning Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri Pada Mata Kuliah Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 6. No. 2.

Fasikhah, S, & Fatimah, S. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 01. No. 01.

Frisnawati, A. (2012). Hubungan Antara Intensitas Menonton Reality Show Dengan Kecenderungan Perilaku Prososial Pada Remaja. Jurnal Empahty. Vol. 1. No. 1.

Hadi, S. (2004). Metodologi Research II. Jakarta : Andi Offset.

Harfiyanto, D., Utomo, C.B., & Budi, T. (2015). Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di SMAN 1 Semarang. Journal Of Educational Sosial Studies. Vol. 4. No. 1.

Hurlock, E.B. (1990). Developmental Psychology : A Lifespan Approach. (terjemahan oleh Istiwidayanti). Jakarta : Erlangga Gunarsa.

Indrawan, B.S. (2013). Intensitas Komunikasi Dengan Menggunakan Blacberry Messenger Ditinjau Dari Konformitas Dan Tipe Kepribadian Extraversion. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 2. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id