Pengaruh Kebisingan Dan Motivasi Belajar Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa

Haslianti Haslianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebisingan dan motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar siswa MTs Antasari Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 70 siswa di MTs Antasari Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala konsentrasi belajar, skala kebisingan, dan skala motivasi belajar. Data penelitian dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kebisingan dan motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar dengan nilai fhitung> f tabel (25,30> 3,13) dan nilai p = 0,000 (p <0,05). sumbangan pengaruh kebisingan dan motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar sebesar 0,43 (43 persen); (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan kebisingan terhadap konsentrasi belajar dengan koefisien beta (β) = -0,197, nilai t> t tabel (-2,134> 1,668) dan nilai p = 0,036 (p <0,05); (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar dengan koefisien beta (β) = 0,610, nilai t> t tabel (6,596> 1,668) dan nilai p = 0,000 (p <0,05).

Keywords


konsentrasi belajar, motivasi belajar, kebisingan

Full Text:

PDF

References


Agustini, N., & Sudhana, H. (2014). Pengaruh pemberian aromaterapi terhadap konsentrasi siswa kelas v sekolah dasar dalam mengerjakan soal ulangan umum. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 271-278.

Aini, S. Q. (2012). Penggunaan teknik relaksasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak kelas b taman kanak-kanak terate pandian Sumenep tahun pelajaran 2011-2012. Jurnal Penelitian Universitas Negeri Surabaya. 1(1), 1-29

Bona, M. F. (2018). Gadget Memperngaruhi Konsentrasi Belajar Siswa. Berita Satu. Diakses pada tanggal 7 Februari 2019 pukul 11.35 WITA.

Castle, P., & Buckler, S. (2010). How to be A Successful Teacher. Worcester, UK: Sage Publications Ltd.

Dimyati., & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Gilavand, A., & Jamshidnezhad, A. (2016). The effect of noise in educational institutions on learning and academic achievement of elementary students in Ahvaz, Southwest of Iran. International Journal of Pediatries. 4(3), 1453-1463

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iskandar, Z. (2012). Psikologi lingkungan. Bandung: PT Rafika Aditama.

Mahfuddin, A. (2009). Profesional Jabatan Guru di Era globalisasi. Bandung: Rizqi.

Maknun, J., Hananto, S., & Busono, T. (2010). Pengaruh kebisingan lalu lintas terhadap efektifitas proses belajar mengajar (studi kasus pada sekolah menengah atas negeri 6 Bandung. Jurnal Ilmiah Arsitektur TERAS, 9(2), 1-12.

Mayasari, D.F. (2017). Pengaruh konsentrasi belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK negeri 1 Ngabang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(6), 1-10.

Nugroho, W. (2007). Belajar Mengatasi Hambatan Belajar. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarwono, S. W. (2017). Psikologi lingkungan dan Pembangunan. Jakarta: MitraWacana Media.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Suma’mur. (2014). Hegiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES). Jakarta: CV Sagung Seto.

Suryabrata, S. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Susanto, H. (2006). Meningkatkan konsentrasi siswa melalui optimalisasi modalitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. 1 (6), 46-51.

Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.

Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Winkel, W. S. (2005). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zannin, P. H. T., Passero, C. R. M., & Zwirtes, D. P. Z. (2012). Assessment of acoustic quality in classrooms based on measurements, perception and noise control, in Noise Control, Reduction and Cancellation Solutions in Engineering. Brazil: InTechOPen




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id