Analisis Hirarki Kebutuhan Maslow dan Orientasi Masa Depan Gamer Dewasa Awal

Fa’izatunnisa Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis hierarki kebutuhan Maslow dan orientasi masa depan pada gamer dewasa awal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden dari penelitian ini diambil dengan purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan mendalam wawancara dengan empat subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek menggambarkan hierarki kebutuhan Maslow dan berbagai orientasi masa depan. Dalam subjek pertama AN, dapat mengaktualisasikan diri sebagai gamer wanita, dapat mengembangkannya kemampuan, sehingga subjek AN memiliki gambaran yang jelas tentang orientasi masadepan, salah satunya adalah untuk menjadi gamer profesional go internasional. Subjek kedua dari HB adalah terpenuhi dalam hal kebutuhan keamanan sebagai gamer dewasa awal, sehingga subjek HB miliki deskripsi orientasi masa depan di bidang pekerjaan yang sesuai di bidangnya. Subjek ketiga FI terpenuhi pada kebutuhan rasa dihargai sebagai gamer, subjek tidak mendapat dukungan dari kedua orang tua, sehingga subjek FI memiliki gambaran masa depan orientasi yang tidak terarah. Dalam subjek ER keempat, itu sudah cukup untuk kebutuhan keamanan sebagai gamer dewasa awal, sehingga subjek ER memiliki gambar orientasi ke depan di bidang pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

Keywords


hierarki kebutuhan Maslow, orientasi masa depan, gamer dewasa awal

Full Text:

PDF

References


Abraham, H. M. (2017). Motivation and Personality. Jakarta: Rajawali.

Bryant, R. (2001). What Kind of Space in Cyberspace? An Internet Journal of Philosophy. 5(1): 138-155. Cambridge Dictionary. [Online]. Tersedia di: http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/gamer.

Chaplin, J. P. (2008). Kamus lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Creswell W. J. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hikma, N. (2015). “Aspek Psikologis Tokoh Utama dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow)”. Jurnal Humanika. 3 (15): 47-52.

Indahtiningrum, F. (2013). “Hubungan antara Kecanduan Video Game dengan Stres pada Mahasiswa Universitas Surabaya” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 2 (1): 76-84.

Ghaybiyyah, F. (2017). Dinamika Psychological Well-Being (Kesejahteraan Psikologis) Guru Honorer SD Negeri 02 Tiudah, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung [Skripsi]. Malang (ID): UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sadarjoen, S. S. (2008). Standar pelayanan psikologis klinis (SPPK). Himpunan Psikologi Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id