Gratitude dan Psychological Well-Being Pada Mantan Penderita Obesitas yang Menjalani Gaya Hidup Sehat

Nurlita Nurlita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran umum dan faktor-faktor yang mempengaruhi bersyukur dan kesejahteraan psikologis pada mantan penderita obesitas yang hidup gaya hidup yang sehat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan informan. Itu Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang. Selain mata pelajaran utama juga disertakan empat informan. Hasil penelitian ini menunjukkan syukur positif dan psikologis yang baik berada di mantan penderita obesitas yang menjalani gaya hidup sehat. Aspek terima kasih yang muncul dalam subjek adalah intensitas, frekuensi, rentang, dan kepadatan. Setelah itu, keempat subjek menunjukkan aspek kesejahteraan psikologis, seperti diri sendiri penerimaan, hubungan positif dengan orang lain, kemandirian, lingkungan kontrol, tujuan hidup dan aspek pengembangan pribadi hanya dominan pada subyek DN, IZ dan YR, karena faktor usia. Munculnya ucapan terima kasih dan aspek kesejahteraan psikologis mempengaruhi perilaku subyek, yaitu: (1) bersyukur karena mereka telah menerima dukungan dari orang-orang di sekitar mereka dan dapat menjalin hubungan positif dengan orang lain, (2) bersyukur bahwa mereka mendapat bantuan Tuhan, (3) menerima semua aspek positif dan negatif dalam diri mereka sendiri, (4) mampu menjadi mandiri, mengatur lingkungan dan mengatur kontrol kegiatan eksternal, (5) memiliki tujuan hidup dan keinginan untuk mengembangkan diri.

Keywords


gratitude, kesejahteraan psikologis, dan gaya hidup sehat

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. N. (2013). Hubungan Antara psychological well-being dengan kecemasan dalam menghadapi kematian pada lansia di Werdha Budi Sejahtera. Banjarmasin: Jurnal Universitas Lambung Mangkurat.

Creswell W. J. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damayanti, D., & Muhilal. (2008). Gizi Seimbang Untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Keyes, C. L. M., Shmotkin, C., & Ryff, C. D. (2002). encounter of two traditions. Optimizing Well-Being. The empirical Journal of Personality and Social Psychology. 82 (6), 1007-1022.

Mathilda, C. (2011). Subjective well being pada penduduk miskin di Kampung Gili Sampeng Kemanggisan. Skripsi. Jakarta Barat. Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul, UPI.

McCullough, M. E., Emmons, R.A., & Tsang, J. A. (2004). Gratitude in Intermediate Affective Terrain: Links of Grateful Moods to Individual Differences and Daily Emotional Experience. Journal of Personality and Social Psychology. 86 (1), 295-309.

McCullough, M. E., Emmons, R. A., & Tsang, J. A. (2004). Gratitude in Intermediate Affective Terrain: Links of Grateful Moods to Individual Differences and Daily Emotional Experience. Journal of Personality and Social Psychology. 86 (1), 295-309.

Notoatmodjo, S. (2006). Ilmu Kesehatan Masyarakat: Prinsip-prinsip Dasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pusthika, I. O. (2011). Pengaruh Frekuensi Konseling Gizi dan Gaya Hidup terhadap Indeks Massa Tubuh, Lingkar Pinggang, Tekanan Darah, dan Glukosa Darah pada Penderita Diabetes Mellitus. Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Ryff, C. D. (1998). Psychological Well-Being in Adult Life. Current Directions in Psyvhological Science. Journal of Personality and Social Psychological, vol 4:99-104.

Ryff, C. D., & Singer, H. B. (2008). Know Thyself and Become What You Are: A Eudaimonic Approach to Psychological Well Being. Journal of Happiness Studies, Vol.9 No.1: 13-39.

Seligman., Martin E. P. 2006. Learned Optimism: How to Change Your Mind and Your Life. New York: Pocket Books.

Sulistyarini, R.I. R. (2010). Pelatihan Kebersyukuran Untuk Meningkatkan Proactive Coping Pada Survivor Bencana Gunung Merapi. Yogyakarta: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Islam Indonesia.

Thobroni, M. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Vivi, J. (2004). Obesitas pada anak. Diakses Diakses tanggal 12 Maret 2018 dari http://www.sinarharapan.co.id/.

Wood A. M., Joseph S., & Maltby, J. (2009). Gratitude Predicts Psychological Well-Being Above the Big Five Facets. Personality and Individual Differences. 46, 443-447.

World Health Organization (WHO). (2010). Global physical activity questionnaire (GPAQ) analysis guide. Geneva: World Health Organization.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id