Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern

Siti Afifah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh burnout studi dan interaksi sosial dengan konsentrasi dalam belajar pada 80 siswa dengan Islam sistem sekolah asrama modern di Samarinda. Ukuran yang digunakan dalam hal ini Penelitian adalah konsentrasi dalam skala pembelajaran, skala burnout studi dan sosial skala interaksi yang diuji dengan analisis regresi berganda dengan SPSS 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara burnout studi dan interaksi sosial dengan nilai p signifikan = 0,000 dan F hitung 14,043 dan F tabel 3.12, dengan jumlah pengaruh 26,7%. Tidak ada efek antara kelelahan belajar dan konsentrasi dalam pembelajaran dengan nilai p 0,572, t hitung -0,059 dan t tabel 1,991. Ada pengaruh antara interaksi sosial dengan konsentrasi belajar dengan nilai p 0,000, t hitung 4,784 dan t tabel 1.991

Keywords


konsentrasi dalam belajar, kelelahan belajar, interaksi sosial

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barnawi, I. (1993). Tradisionalisme dalam pendidikan islam. Surabaya: Al Ikhlas

Cahyono, H. (2016). Analisis deskriptif faktor-faktor konsentrasi belajar mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Prosiding seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. (Online)

Darwis, A. (2006). Pengubahan perilaku menyimpang murid sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dimyanti & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Agama RI (2003) Direktorat jenderal kelembagaan agama islam, direktorat pendidikan keagamaan dan pondok pesantren proyek peningkatan pendidikan luar sekolah pada pondok pesantren. Pola Pengembangan Pondok Pesantren, Jakarta.

Fernanda, M. M., Sano, A. & Nurfarhanah. (2012). Hubungan antara kemampuan berinteraksi sosial dengan hasil belajar. Jurnal Ilmiah Konseling. 1(1). 1-8

Hadi, S. (2006). Analisis regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hermaleni, T., Mudjiran, Zamzami, A. (2016). Perbedaan kompetensi sosial siswa boarding school dan siswa umum regular. Jurnal RAP UNP, 7(1), 90-98

Ismah & Wibiastuti, E.R. (2015). Pengaruh letak geografis sekolah terhadap konsentrasi belajar matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 83.

Kusuma, A. R., Adriansyah, M. A., & Prastika, N. D. (2013). Pengaruh Daya Juang, Kecerdasan Emosional, dan Modal Sosial Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Persepsi Keadilan Organisasi Sebagai Variabel Moderasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 100-116.

Ningsih, W. L. P., Suranata, K., & Dharsana, K. (2014). Penerapan konselig eksistensial humanistik dengan teknik meditasi untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas X TITL 3 SMK negeri 3 singaraja. Jurnal Bimbingan Konseling. 2 (1). 1-10

Nugroho, W (2007). Belajar mengatasi hambatan belajar. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Nuraida. A., Halimah. M., Rokhayati. A. (2014) Pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar siswa kelas VI SD negeri salebu kecamatan mangunreja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah dasar 1 (1). 12-13

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Grafindo.

Sarwono. S. W (2000). Pengantar psikologi umum. Jakarta: Bulan Bintang

Slameto. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slivar, B. (2001). The syndrome of burnout, self-image, and anxiety with grammar school students. Journal of Horizons of Psychology, 10 (2). 22-24

Surya, H. (2009). Menjadi manusia pembelajar. Jakarta: Elex Media Komputindo

Thabrany, H. (1995). Rahasia sukses belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Thohirin. (2006). Psikologi pembelajaran pendidikan agama islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tolib, A. (2015). Pendidikan di pondok pesantren modern. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1). 60-66

Walgito, B. (2003). Psikologi sosial (suatu pengantar). Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Widjaja, A. W. (1985). Kesadaran hukum manusia dan masyarakat pancasila. Jakarta: Era Swasta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id