Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Prokastinasi Akademik

Wahyu Dwi Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran mandiri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa psikologi universitas mulawarman tahun 2016 dan 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa psikologi universitas sejumlah 131 responden angkatan 2016 dan 2017. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala pembelajaran mandiri dan prokrastinasi akademik. Teknik analisis data menggunakan korelasi Pearson R. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pembelajaran mandiri yang bersifat negatif dan prokrastinasi akademik, dengan nilai r = -0,148 dan nilai p = 0,046 (p <0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat lemah yaitu diri. pembelajaran diarahkan dengan penundaan akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi responden belajar mandiri, maka prokrastinasi akademiknya akan semakin rendah, begitu pula sebaliknya.


Keywords


pembelajaran mandiri, penundaan akademik

Full Text:

PDF

References


Apriyani, F. D., & Laksmiwati, H. (2014). Self-directed learning dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. 5(1), 23-29.

Dalton, J. C., & Crosby, P. C. (2011). Time on Task: The critical role of self-regulating behavior in college student academic success and personal development. Journal of College & Character. 12(3), 107.

Ellinger, A. (2004). The concept of self-directed learning and its implications for human resource development. Advances in Developing Human Resources, 6(2), 158-177.

Fauziah, H. H. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi. 2, (2), 123 - 132

Ferari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research, and Ttreatment. New York: Plenun Press.

Fisher, M. J., & King, J. (2010). The self-directed learning readiness scale for nursing education revisited: A confirmatory factor analysis. Nurse Education Today. 30(1), 44–48.

Gibbons. (2005). The Self-Directed Learning Handbook: Challenging Adolescent Student to Excel. San Francisco: Jossey-Bass Publishers.

Ghufron, M. Nur & Rini. R.S. 2017. Teori–teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawinata, V. A., Nanik., & Lasmono, H. K. (2008). Perfeksionisme, prokrastinasi akademik & penyelesaian skripsi mahasiswa., Indonesian Psychological Journal, 23(3), 256-276.

Harsono. (2008). Pengantar problem-based learning edisi kedua. Yogyakarta: Medika Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 5(2), 67-77.

Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The Adult Learners: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development (6rd ed). London: Routladge Taylor & Francis Group.

Manning, G. (2007). Self direfted learning: A key component of adult learning theory. Jurnal of the Washington Institute of China studies, 2(5), 104-115.

Mahasneh, A. M., Bataineh, O. T., & Al-Zoubi, Z. H. (2016). The Relationship Between Academic Procrastination and Parenting Styles Among Jordanian Undergraduate University Students. The Open Psychology Journal, 9(1), 25–34.

Muyana, S. (2017). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Jurnal Ilmiah Counsellia, 8 (1), 45 – 52.

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sawitri, N. L. (2017). Kontribusi self-directed learning dan motivasi berprestasi terhadap prestasi membaca. Jurnal Santiaji Pendidikan. 7(1), 47-54.

Surijah, E. A., & Sia, T. (2007). Mahasiswa versus tugas prokrastinasi akademik dan conscientiousness. Anima, Indonesia Psychological Journal, 22(4), 352-374.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i3.4809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id