Hubungan Body Image Dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik Pada Remaja Putri

Duwi Diana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Citra Tubuh Dengan Perilaku Konsumtif Kosmetik Pada Remaja Putri Di SMK Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel terikat Konsumtif dan variabel perilaku bebas kosmetika dan citra tubuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala citra tubuh dan skala perilaku konsumtif kosmetik. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 dan 2 SMK Negeri 4 Samarinda (khusus bagian administrasi jurusan wanita muda) sebanyak 108 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji product moment dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara body image dengan kosmetik c. Perilaku konsumen pada jurusan Administrasi Perkantoran pada wanita muda dengan korelasi tertinggi = 0.755 dan p = 0.000 (p <0.05). Uji secara parsial hubungan aspek variabel body image memiliki hubungan yang kuat dengan variabel pembelian impulsif terhadap variabel perilaku konsumtif, sedangkan pada variabel aspek body image memiliki hubungan yang kuat dengan pemborosan dari variabel perilaku konsumtif, dan variabel Aspek citra tubuh memiliki keterkaitan yang kuat dengan pencarian variabel perilaku Konsumtif.

 


Keywords


Citra Tubuh, Perilaku Konsumtif Kosmetik

Full Text:

PDF

References


Agustina, I. (2002). Gambaran Gaya Hidup Remaja yang Memiliki Keterlibatan Tinggi Terhadap Shopping Mall. Skripsi. Fakultas Psikologi UniversitasAtma Jaya. Jakarta.

Ali, M., & Asrori, M. (2004) Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ali, M. (2001) Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern: Pustaka Amani, Jakarta.

Anastasi, A., & Urbina, U. (1997). Psychological Testing (7th Ed). New Jersy. Prentice-Hall, Inc.

Anonymous. (2008). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Azwar, S. (2004). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Cash., & Pruzinsky. (2002). Body image: A handbook of theory, research, and Clinical Practice. New York: Guilford Press.

Cash, T. F. (2001). The Psychology of Hair Loss and Its Implication for Patient Care. Clinics in Dermatology, 19(2), 161-166

Davison, T., & McCabe, M. (2005). Relationships Between Men’s and Women’s Body Image and Their Psychological, Social, and Sexual Functioning. Sex Roles, 52(7), 463-475.

Gina, T. A. (2018). Hubungan Antara Body Image dengan Self Esteem Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trisakti yang Melakukan Diet (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya).

Grogan, S. (2008). Body Image: Understanding Body Dissatisfaction in Men, Women and Children. United States. Routledge

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Surabaya: Erlangga.

Lina., & Rosyid, H. F. (2000). Perilaku konsumtif berdasarkan locus of control pada remaja putra. Psikologika. Universitas Gadjah Mada.

Marcia, J. E. (1966). Development and validation of ego-identity status. Journal of Personality and Social Psychology, 3(5), 551–8.

Moitra. (2008). Depression and Body image. [On-line] http://www.vanderbilt.edu/ ans/psychology/health_psychology/depressbi.html.

Monks, F. J., & Knoers, A. M. (2002). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gajah mada university press.

Na’imah, T. (2008). Pengaruh Komparasi Sosial Pada Public Figure Di Media Massa Terhadap Body Image Remaja Di Kecamatan Patikraja, kabupaten banyumas, Jurnal Psikologi Penelitian Humaniora, Vol. 9, No. 2, 2008. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Phares, E. J. (1997). Locus of Control in Personality. Morristown, Nem Jersey: General Learning Press.

Putriana, Y. A. (2011). Hubungan Citra Diri dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Putri SMU 3 Jambi. Skripsi. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja (terjemahan: Aledar dan Saragih). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Schilder, P. (2002). The Image and Appearance of the Human Body. New York: International Universities Press.

Setiadi, J. N. (2003). Perilaku Konsumen. Bogor. Kencana.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan, Meneropong Imbas Pesan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Suyasa, S., & Fransisca, Y. (2005). Perbandingan Perilaku Konsumtif Berdasarkan Metode Pembayaran. Phronesis.

Tambunan, R. (2001). Remaja dan Perilaku Konsumtif. Jurnal Psikologi dan Masyarakat, 4, 5-13.

Thompson, K. (2008). Body Image, Eating Disorders, and Obesity ind Youth (2nd ed.). Washington DC: American Psychological Association.

Widiatmojo, B. (2006). Peranan Citra Tubuh terhadap Seksual dalam Perkawinan. Paramedia,

Zebua, A.S., & Nurdjayadi, R. D. (2001). Hubungan Antara Konformitas dan Konsep Diri dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri. Phronesis.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i3.4802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id