Resiliensi dan Post Traumatic Growth (PTG)

Arina Yahdini Tazkiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan dan pertumbuhan korban kecelakaan pascatrauma di Samarinda. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi, serta menentukan responden melalui penyaringan subjek menggunakan Skala PTSD yang Dikelola Klinik untuk DSM-5, Skala Instrumen Resiliensi Connor-Davidson, dan Inventarisasi Pertumbuhan Pascatrauma. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Subjek dalam penelitian berjumlah tiga orang, selain subjek utama yang terlibat ada juga tiga informan. Hasil penelitian menunjukkan ketahanan dan pertumbuhan pasca-trauma pada korban kecelakaan lalu lintas di Samarinda, di mana ketiga subjek mampu tumbuh dari kesulitan dan mengalami perkembangan positif setelah acara. Ini terjadi karena (1) jumlah dukungan yang diterima dari orang lain yang signifikan dapat mengubah persepsi negatif menjadi pikiran positif; (2) memiliki keyakinan dan keyakinan pada kemampuan sendiri, bangga dengan apa yang dimiliki dan dicapai; (3) memiliki kemampuan untuk membangun hubungan dengan orang-orang baik, dan (4) percaya pada Tuhan membuat ketiga subjek lebih tenang dalam menghadapi masalah atau tekanan.

Keywords


ketahanan, pertumbuhan pasca-trauma, dan korban kecelakaan lalu lintas

Full Text:

PDF

References


Azra, M. V., & Nurwianti, F. (2014). Hubungan antara Parantification dan Resiliensi pada Remaja dengan Status Ekonomi Sosial (SES) Rendah. Naskah Publikasi. Depok: Universitas Indonesia.

Connor, K. M., & Davidson, J. R. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor‐Davidson resilience scale (CD‐RISC). Depression and anxiety, 18(2), 76-82.

Creswell, J. W. (2016). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Desmita. (2017). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Dharma, A. (2014). Identifikasi kecelakaan lalu lintas (Study Kasus Jalan Dalu-Dalu sampai Pasir Pengaraian). Jurnal Mahasiswa Teknik, 1(1).

Fatiyyah, T. (2016). Posttraumatic growth pada korban kecelakaan lalu lintas. Seminar Asean 2nd Psychology & Humanity. 19 – 20 Februari 2016.

Hendriani, W. (2013). Proses Resiliensi Individu terhadap Perubahan Kondisi Fisik Menjadi Penyandang Disabilitas (Grounded Theory pada Penyandang Tunadaksa) (Doctoral dissertation, universitas airlangga).

Irfan, M. (2013). Perkembangan pasca trauma pada korban kekerasan seksual (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Nomor, U. U. (22). Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Rachmawati, N. (2015). Studi Deskriptif Mengenai Gambaran Post Traumatic Growth (Ptg) pada Wanita Penderita Kanker Payudara Pasca Mastektomi di Bandung Cancer Society (Bcs) (Doctoral dissertation, Falkultas Psikologi Universitas Islam Bandung (UNISBA)).

Rahayu, D. (2016). PPosttraumatic Growth Korban Kekerasan pada Anak dan Remaja (Studi di Kota Samarinda). Journal of Psychology & Humanity.

Rahmati, N., & Siregar, M. A. (2012). Gambaran resiliensi pada pekerja anak yang mengalami abuse. Predicara, 1(2).

Ramos, C., & Leal, I. (2013). Posttraumatic growth in the aftermath of trauma: a literature review about related factors and application contexts. Journal of psychology, community & health. 2(1), 43-54.

Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The resilience factor: 7 essential skills for overcoming life’s inevitable obstacles. New York: Broadway Books.

Sadono, S. (2015). Budaya Tertib Berlalu-Lintas: Kajian Fenomenologis Atas Masyarakat Pengendara Sepeda Motor Di Kota Bandung. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(3).

Santrock, J. W. (2012). Life-span development: perkembangan masa hidup. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Tedeschi, R. G., & Calhoun, L. G. (2004). " Posttraumatic growth: Conceptual foundations and empirical evidence". Psychological inquiry, 15(1), 1-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i3.4796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id