Efektifitas Metode Mendongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dini Anak Prasekolah

Rani Gemelly Uswatun Hasannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada keefektifan dalam metode bercerita untuk meningkatkan keterampilan literasi awal anak-anak prasekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa TK ABA 1. Penelitian ini menggunakan satu kelompok pre-test post-test design. Teknik analisis statistik menggunakan paired simple T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan mendongeng efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi awal anak-anak, itu didasarkan pada menggunakan Sampel Paired T-Test dengan aturan nilai p (<0,050) dan nilai t hitung> t tabel. Pada peneliti diperoleh hasil p = 0,000 dan t = 13,862 dengan hasil H1 diterima. Menurut guru hasil yang diperoleh adalah p = 0,000 dan t = 10,614 sehingga hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Seperti halnya menurut orang tua, hasil p = 0,000 dan t = 7.809 dengan hasil H1 diterima berarti ada efektifitas dalam metode bercerita untuk meningkatkan keterampilan literasi awal.


Keywords


melek huruf awal, mendongeng, anak-anak prasekolah

Full Text:

PDF

References


Astuti, T. P. (2014). Perbedaan literasi emergen anak taman kanak-kanak di daerah perkotaan dan pinggiran. Jurnal psikologi undip. 13(2), 107-119.

Barida, M. (2016). Pengembangan perilaku anak melalui imitasi. Jurnal care edisi khusus temu ilmiah, 3(3), 13-20.

Depdiknas. (2006). Pedoman penerapan bcct. Jakarta: Penulis

Ekawati, D., Rachmat, A., Handayani, Y.T., & Witakania (2017). Metode mendongeng dan pengembangan budaya literasi anak usia dini: studi kasus pada paud bunda hajar Jatinegara Jawa Barat. The ist international conference on language literature and teaching.

Fitria, E. (2014). Penerapan model beyond centers and circle time SD kelas satu. Jurnal pendidikan usia dini, 8 (1), 119-128.

Fitriyani, N.R. (2016). Teknik stimulasi kemampuan literasi awal anak prasekolah oleh ibu di rumah. Universitas muhammadiyah, Surakarta

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W.D (2017). Peningkatan kemampuan literasi awal anak prasekolah melalui program stimulasi. Jurnal psikologi,44(3), 177-184.

Hurlock. E. (1998). Perkembangan anak Jakarta : Erlangga.

Isjoni. (2010). Model pembelajaran anak usia dini. Bandung: Alfabeta

Purwasi, N., & Yuliariatiningsih, M.S. (2017). Pengembangan literasi sains anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri. Jurnal pendidikan anak usia dini, 7(2), 1-7

Rahayu, A.Y., (2013). Anak usia tk menumbuhkan kepercayaan diri melalui kegiatan bercerita. Jakarta: Indeks

Ruhaena, L. (2013). Proses pencapaian kemampuan literasi dasar anak prasekolah dan dukungan faktor-faktor dalam keluarga. (tesis tidak diterbitkan). Universitas muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Seftiawan, d. (2018) semua anak wajib paud, kemendikbud siapkan dana alokasi khusus.

Stenliden, L, & Jern, M. (2012). Visual storytelling – knowledge and understanding in education. Systemics, cybernetics and informatics. 10(5), 7-13.

Syafutri,H.D., & Hidayati, F. (2016). Fabel sebagai alternatif pendidikan karakter dalam pembelajaran sastra anak. Makalah dipresentasikan pada pertemuan seminar nasional sastra anak membangun karakter anak melalui sastra anak. Yogyakarta

Utomo, S. B. (2013). Mendongeng dalam perspektif pendidikan. Jurnal Agastya, 3(1), 1-8

Weissenfeld, K., Abramova, O., & Krasnova, H. (2017). Understanding storytelling in the context o information systems. Makalah dipresentasikan pada pertemuan twenty-third americas conference on information systems, Bostom.

Widyastuti, A. (2017). Peningkatan literasi anak usia 4-6 tahun melalui bahan ajar membaca, menulis, dan berhitung untuk guru tk di kecamatan cinere dam limo depok. Abdimas talenta. 2(2), 100-108.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i3.4793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id