Lokus Kendali Kesehatan dan Disonansi Kognitif Pada Wanita Perokok Berjilbab

Hana Dea Salsabila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana deskripsi locus of control kesehatan dan disonansi kognitif pada wanita perokok berjilbab di samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Responden penelitian ini diambil secara purposive sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan empat subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek dalam penelitian ini mengalami disonansi kognitif. Subjek LL dan NA mengalami empat sumber disonansi kognitif, yaitu inkonsistensi logis, nilai-nilai budaya, pendapat umum dan pengalaman masa lalu sedangkan subjek IN dan DE mengalami tiga sumber disonansi kognitif yaitu inkonsistensi logis, nilai budaya dan pendapat umum. Subjek IN dan LL mengurangi disonansi mereka dengan menambahkan elemen kognitif, yaitu bahwa wanita berkerudung yang merokok tidak selalu negatif. Mereka juga percaya bahwa masih banyak wanita berkerudung yang merokok di samping mereka. Subjek IN, LL, dan NA mengubah elemen perilaku dengan memilih area merokok yang tidak terlalu ramai atau tertutup. Keempat subjek memilih teman yang dapat menerima perilaku merokok mereka dan menghindari teman yang berkomentar negatif tentang perilaku merokok mereka. Setelah disonansi kognitif terjadi dan locus of control kesehatan internal dan eksternal. Subjek IN, DE, dan NA terus merokok sementara subjek LL ingin berhenti merokok sebelum menikah.

Keywords


Locus of Control Kesehatan, Disonansi Kognitif, Wanita Perokok, Kerudung

Full Text:

PDF

References


Budiansyah, F. D., & Rositawati, S. (2014). Hubungan health belief dengan health locus of control pada lansia etnis tionghoa hipertensi di kelompok senam aerobic tegalaga. Skripsi.

Creswell. J. W. (2013). Research design quantitative & qualitative approaches third edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Infodatin. (2018). Perilaku merokok masyarakat Indonesia. Jakarta

Regina, V. (2013). Marginalisasi perempuan berjilbab perokok. Skripsi.

Robbins, SP & Judge. (2007). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba empat

Sarwono, S. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Sitepoe. (2001). Kekhususan rokok indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Surya, Y. W. (2008). Citra perempuan Islam kontemporer: Representasi perempuan Islam dalam sinetron Ramadhan. Jurnal Penelitian Dinas Sosial, 7(2), 77-87.

West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar teori komunikasi: analisis dan aplikasi (Buku 1). Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i3.4792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id