Hubungan Persepsi Siswa dan Minat Dengan Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka

Qolif Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara persepsi siswa dan keterbacaan dengan kedisiplinan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri 3 Samarinda. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Samarinda sebanyak 120 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan skala persepsi siswa, skala minat, dan skala kedisiplinan siswa dengan skala likert, data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan persepsi siswa dengan kedisiplinan siswa di SMA 3 Samarinda dengan F hitung = 17,561 (F hitung> F tabel = 3,07), R2 = 0,231, dan p = 0,000 (p < 0,05). Selain itu, dari hasil analisis regresi model bertahap diketahui tidak terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi siswa terhadap disiplin ilmu siswa dengan nilai beta = 0,279, t hitung = 1,632 (t hitung> t tabel = 1,980), dan p = 0,105 (p> 0,05) Kemudian, hasil uji regresi bertahap minat terhadap disiplin siswa menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan nilai beta = 0,216, t hitung = 1,266 (t hitung> 1,980), dan p = 0,208 (p <0,05).

Keywords


persepsi siswa, minat, disiplin siswa

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z., & Sujak. (2011). Kegiatan Ekstrakulikuler di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Bahri, S. (2009). Tanggung Jawab, Disiplin, Jujur itu Keren (Pendidikan Anti Korupsi Kelas 1 SMP/MTS). Jakarta: KPK Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat.

Depag RI. (2004). Kegiatan Ekstarkulikuler Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum dan Mdrasah. Jakarta: Departemen Agama RI.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY PRESS.

Sarwono, S. W. (2009). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Ombak.

Sopianti, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Cilegon: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinek Cipta.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum.. Yogyakarta: Andi Offset

Yusi, R. (2008). Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan terhadap Kinerja petugas Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Medan. Tesisi. Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id