Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Regulasi Diri Dengan Motivasi Berprestasi Citra

Citra Ayu Prigantari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 79 siswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pola asuh orang tua, pengaturan diri, dan motivasi berprestasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan pola asuh orang tua dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi dengan nilai F> F tabel (66,129> 3,12) dan p = 0,000 (p <0,05). Variabel kontribusi (R2) pola asuh orang tua dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi adalah 0,635 atau 63,5%, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan pola asuh orang tua dengan motivasi berprestasi dengan koefisien beta (β) = 0,393, nilai t> t tabel ( 4.324> 1.665) dan p = 0.000 (p <0,05); (3) ada regulasi diri korelasi positif dan signifikan dengan motivasi berprestasi dengan koefisien beta (β) = 0,484, dan t hitung> t tabel (5,322> 1,665) dan p = 0,000 (p <0,05).

Keywords


motivasi berprestasi, pola asuh orang tua, dan pengaturan diri.

Full Text:

PDF

References


Alfiana, A. D. (2013). Regulasi Diri Mahasiswa Ditinjau dari Keikutsertaan dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 01 (02), 2301-8267.

Arif, K. (2013). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Flow Akademik. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 2 (1), 1-5.

Bee, H., & Boyd, D. (2010). The Growing Child. Boston: Pearson Education, Inc.

Darmaningtyas. (2004). Pendidikan yang Memiskinkan. Yogyakarta : BPFE.

Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.

Elsola, D. A. N. (2016). Korelasi Regulasi dan Konsep Diri dengan Motivasi Berprestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke-5. 1.122-1.126.

Garliah, L., & Nasution, F. K. S. (2005). Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Motivasi Berprestasi. Psikologia. 1 (1), 38-39.

Haryani, R. (2014). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu Secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. 3 (01), 31-34.

Idrus, M. (2004). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Erlangga.

Irawati. (2009). Mendidik dengan Cinta. Bekasi: Pustaka Inti.

Leman, K. (1999). The Birth Order Book: Why You Are The Way You Are. USA: Revell a division of Baker Publishing Group.

Neal, D., & Carey, K. (2005). A Follow-Up Psychometric Analysis Of The SelfRegulation Questionnaire. Psychology of Addictive Behaviors. 19 (4), 414–422.

Rachmah, D. N. (2015). Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa yang Memiliki Peran Banyak. Jurnal Psikologi. 42 (1), 61–63.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2010). Motivation in Education: Theory, Research and Application (3rd Ed). Prentince Hall: New Jersey.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories an Educational Perspective (Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan Edisi Keenam). Penerjemah: Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinatryani, N., Menaldi, A., & Widyasari, P. (2014). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Sulung di Universitas Indonesia dengan Batasan Usia Remaja. FPSI UI. 1-9.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sugianto. (2006). Pentingnya Motivasi Berprestasi dalam Mencapai Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. 5-14.

Sulistivani, N. W. (2012). Hubungan konsep diri dan regulasi diri dengan motivasi berprestasi. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(2), 118-126.

Suparyanto. (2010). Konsep Pola Asuh Anak. (Online) http//:drsuparyanto.blogspot.com. Diakses pada Selasa tanggal 11 November 2014 pukul 10.15 WIB.

Suryadi, B., Soriha, E., & Rahmawati, Y. (2017). Pengaruh Gaya Pengasuhan Orang Tua, Konsep Diri dan Regulasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 23 (2), 91-92.

Susanto, H. (2006). Mengembangkan Kemampuan Regulasi diri untuk Meningkatkan Keberhasilan Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. (7), 64-71.

Susanto, A. H. E., & Nurhayati, F. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 1 Sangkapura Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 01 (02), 363–365.

Ulwan, A. N. (2009). Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id