Pengaruh Pola Asuh dan Stabilitas Emosi Terhadap Kemandirian Mahasiswa Perantau

Amelia Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pola asuh dan stabilitas emosi terhadap kemandirian mahasiswa perantau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Likert, yang terdiri dari skala kemandirian, skala pola asuh, dan skala stabilitas emosi. Sampel penelitian ini adalah 43 mahasiswa perantau. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pola asuh dan stabilitas emosi terhadap kemandirian mahasiswa perantau, dengan nilai R = 0,421, f-hitung = 14,533 > f-tabel = 3,23 dan p = 0,000. Tambahan dari hasil model analisis regresi diketahui bahwa ada pengaruh pola asuh dan kemandirian mahasiswa perantau, dengan nilai Beta = 0,341, t-hitung = 2,635 > t-tabel = 2,020 dan p = 0,002. Kemudian, ada pengaruh stabilitas emosi terhadap kemandirian mahasiswa perantau dengan nilai Beta = 3,390> t-tabel = 2,020, dan p = 0,002.

Keywords


pola asuh, stabilitas emosi, kemandirian.

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2004). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik.

Asrori, M. (2008). Psikologi Pembelajaran: Bandung: CV Wahana Prima.

Bandura, A., & Locke, E. A. (2003). Negative self-efficacy and goal effects revisited. Journal of applied psychology, 88(1), 87.

Berk, L. E. (2012). Development Through the Lifespan–Dari Prenatal Sampai Remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cable, D. M., & Judge, T. A. (1997). Interviewers' perceptions of person–organization fit and organizational selection decisions. Journal of Applied psychology, 82(4), 546.

Cahyono, R. T., Irani, N., & Lestari, S. (2007). Kecenderungan Somatisasi Ditinjau dari Sense of Humor dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi.

Chandra. (2004). Psikologi sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaplin, J. P. (2001). Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT.

Desmita, D. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Edward, D. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mizan Utama.

Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan, Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hellriegel, D., Jackson, S., & Slocum, J. (2007). Managing: A competency-based approach. Cengage Learning.

Hurlock, E. B. (2006). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kesembilan.

Ilahi, M. T. (2013). Quantum Parenting: Kiat Sukses Mengasuh Anak Secara Efektif dan Cerdas. Jogjakarta: Kata Hati.

Klein, C. (2009). What do we know about interpersonal skills? A meta-analytic examination of antecedents, outcomes, and the efficacy of training.

Marliany. (2010). Psikologi umum. Jakarta: GP Press Group.

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human development (psikologi perkembangan). Jakarta: kencana.

Poerwadarminta, W. J. S., & Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1961). Kamus umum bahasa Indonesia (Vol. 1122). Balai Pustaka.

Rahayu, D., & Adriansyah, M. A. (2014). Hubungan Antara Kemandirian dan Gaya Belajar Dengan Strategi Menyelesaikan Masalah Pada Mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 3(1), 1-11.

Respati, W. S., Yulianto, A., & Widiana, N. (2006). Perbedaan konsep diri antara remaja akhir yang mempersepsi pola asuh orang tua authoritarian, permissive, dan authoritative. Jurnal Psikologi, 4(2), 119-138.

Robbin, S. P., & Judge, T. A. (2008). Alih Bahasa Diana Angelica. Prilaku Organisasi.

Rosdiana, D. (2012). Hubungan Antara Kekhusyukan Shalat Dengan Stabilitas Emosi Pada Jama'ah Halaqoh Shalat Khusyuk (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sarwono, S. W. (2008). Teori teori psikologi sosial, Edisi revisi. Jakarta: PT. Raga Grafindo Persada.

Steinberg. (2002). Psikologi umum. Bandung: Tarsito.

Suharnan. (2012). Pengembangan Skala Kemandirian. Jurnal Psikologi Persona. 1(2).

Sulistyorini. (2006). Membuat prioritas melatih anak mandiri. Yogyakarta: Kanisius Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id