Metode Bercerita dengan Menggunakan Tokoh Fauna Borneo Dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral

Novia Satya Ariyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bercerita mampu mengembangkan kecerdasan moral pada anak prasekolah. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian eksperimental menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1. Desain penelitian one group pre test post test design. Teknik analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita efektif pengembangan kecerdasan moral anak berdasarkan uji Wilcoxon diperoleh nilai p = 0,000, ini menunjukkan bahwa p < 0,050, sehingga hipotesis H1 diterima. Menurut orang tua hasilnya adalah p = 0,004 (< 0,050) sehingga hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Di sisi lain, menurut guru hasilnya adalah p = 0,709 (> 0,050) sehingga hipotesis H1 ditolak dan H0 diterima.

Keywords


strategi koping, kesejahteraan subjektif, perselingkuhan.

Full Text:

PDF

References


Ahyani, L. N. (2010). Metode dongeng dalam meningkatkan perkembangan kecerdasan moral anak usia prasekolah. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 24-32.

Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 140-149.

Ariyanti, N. S., Hassanah, R. G. U., & Ash-Sadi, M. A. (2018). Psychotelling: tokoh fauna endemik borneo sebagai inovasi pengembangan keterampilan sosial anak prasekolah. Makalah dipresentasikan pada pertemuan Kongres HIMPSI, Bandung.

Barida, M., & Prasetiawan, H. (2018). Urgensi Pengembangan Model Konseling Kelompok Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa SMP. Jurnal Fokus Konseling, 4(1).

Anggrayeni, N. K., Suarni, N. K., Ambara, D. P., & Psi, S. (2015). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).

Handayu, T. (2001). Memaknai cerita mengasah jiwa. Solo: Era Intermedia.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan. Jakarta: erlangga.

Jailani, M. S. (2012). Pendidikan Anak Pra-Sekolah dalam Perspektif Psikologi. Media Akademika, 27(1).

Marliawita, D. (2015). Hubungan Penerapan Metode Bercerita Dengan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Pada Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).

Mustofa, B. (2015). Melejitkan kecerdasan anak melalui dongeng. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Notosrijoedono, R. A. (2016). Menanamkan kecerdasan moral sejak anak usia dini pada keluarga muslim. Jurnal Tarbiyah, 22(1).

Putri, H. (2018). Penggunaan metode cerita untuk mengembangkan nilai moral anak TK/SD. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 87-95.

Raihana, P. A., & Wulandari, W. (2017). Status Ibu dan Pengaruhnya dalam Kecerdasan Moral Anak Pra-Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).

Rifa, M. A. (2017). Strategi pengembangan kecerdasan moral siswa di sekolah berbasis islamic boarding school.

Sjarkawi. (2011). Pembentukan kepribadian anak: peran moral intelektual, emosional, dan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini.

Tirta, A. T., & Jatiningsih, O. (2013). Peran Ibu Rumah Tangga Lower Class Dalam Membangun Kecerdasan Moral Anak Melalui Pendidikan Keluarga Di Kelurahan Pucanglaban Tulungagung. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1), 336-351.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id