Pengaruh Motivasi Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Regulasi Belajar Santri

Arrifa Aulia Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri terhadap pembelajaran mandiri santri dalam menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Ihya 'Ulumuddin Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan model skala likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi dengan program paket ilmu sosial (SPSS) 24.0. Hasil penelitian ini antara lain tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan efikasi diri terhadap self-regulated learning santri di Pondok Pesantren Ihya 'Ulumuddin Samarinda, dengan nilai F hitung> F tabel (1,766 <2,73), Adjusted R Square = 0,049 dan p = 0,179> 0,050. Kemudian H1 dalam penelitian ini ditolak.

Keywords


motivasi belajar, efikasi diri, pembelajaran mandiri

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1997). The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman & Company.

Burhan, Bungin. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Edisi pertama. Jakarta: Kencana.

Efendi, R. (2013). Self Efficacy: Studi Indigenous Pada Guru Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology 2 (2) 61-67.

Ghufron, M. N. & Risnawita, S. (2017). Teori-teori Psikologi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Latipah, E. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi 37 (1) 110-129.

Mahmudi, M. H., & Suroso. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia 3 (2) 183-194.

Malihah, H. (2015). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. (Skripsi). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Muharrani, T. (2012). Hubungan Antara Self- Efficacy Dengan Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi USU. (Skripsi). Sumatra Utara: Universitas Sumatra Utara.

Mukhid, A. (2009). Self Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya Terhadap Pendidikan). Tadris 4 (1) 106-119.

Mulyana, E., Bashori, K., & Mujidin. (2015). Peran Motivasi Belajar, Self Efficacy, dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Self Regulated Learning Pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA 4 (1) 165-171.

Perry, J. C., Fisher, A. L., Caemmerer, J. M., Keith, T. Z. & Poklar, A. E. (2015). The Role of Social Support and Coping Skills In Promoting Self-Regulated Learning Among Urban Youth. Youth & Souciety 50 (4) 551-570.

Rini, H. P. (2013). Self Efficacy Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Online Psikologi 1 (1) 111-124.

Santrock, W. J. (2009). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Salemba Humanika.

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Penerbit Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id