Hubungan Konformitas dan Harga Diri Dengan Motif Pembelian Tas Bermerek Pada Wanita Karir

Fitriah Rahmadani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara comformity dan motif membeli dengan motif pembelian tas branded high end pada wanita karir di DPRD samarinda. Variabel bebas ini adalah motif membeli dan variabel terikatnya adalah kesesuaian & harga diri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kesesuaian, skala harga diri dan skala motif pembelian. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa wanita karir di DPRD Kota Samarinda Kalimantan Timur sebanyak 73 orang. Analisis data menggunakan tes tau-b kendall. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan negatif antara comformity dan motif membeli dengan motif pembelian tas branded high end pada wanita karir di DPRD samarinda. Perilaku pada remaja dengan = 0,430 dan p = 0,000 <0,05, serta tidak ada hubungan antara motif pembelian dengan harga diri memiliki nilai korelasi pada remaja = -.106 dan p = 0,200> 0,05.


Keywords


kesesuaian, motif membeli, motif pembelian

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh harga diri dan penalaran moral terhadap perilaku seksual remaja berpacaran. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(1), 1-9.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pndekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta

Assauri, S., (2015). Manajemen pemasaran, dasar, konsep & strategi. Jakarta: PT. Raja Grafndo Persada.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R., A & Bryne, D. (2008). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Cipto., & Joko. (2010). Harga Diri Dan Konformitas Terhadap Kelompok Dengan

Perilaku Minum Minuman Beralkohol Pada Remaja. Jurnal Proyeksi, Vol.5. Nomor 1, Halaman 75-85.

Chaplin, C. P. (2004). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Christia, M. (2007). Inner voice dan self-esteem. Ejournal sosial humaniora. Vol. 11. No. 1. Hal. 37-41.

Eun, Jeong, & Johnson., (2009). Biomechanical of Wearing High Heels Shoes. Department of Industrial Engineering. Dongeui University. Pusan. South Korea.

Ekapaksi, N., (2016). Pengaruh Konformitas dan Harga Diri terhadap Perilaku Pembelian Kompulsf Aitem Fashion. Ejournal Psikoborneo. Vol. 4. No. 3. Hal. 612-620.

Hadi, S (2004). Methodology Research. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Hurlock. E. B., (2007). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi 2. Yogyakarta: Erlangga.

Indah, M. Y., & Kartika, Y. H. (2015). Hubungan Konformitas dan Harga Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. Vol. 2 No. 1. Hal. 89-99.

Kotler., & Keller., (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Meida, D. W. (2009). Hubungan antara konformitas dan harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri, Fakultas Kedokteran Universitas sebelas maret Surakarta: Surakarta.

Myers., & David, G. (2010). Social Psychology, 9th Edition. New York: Mc Grawhill.

Nindyati, A. D., & Indria, K. (2007). Kajian Konformitas dan Kreativitas Affective Remaja. Jurnal Proviate. Vol. 3. No. 1. Hal. 85-107.

Rakhmat, J. (2000). Psikologi Komunikasi. Bandung: CV Remaja Karya.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, S. W. (2010). Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka.

Scolastica, J. F. W. (2013). Hubungan Antara Motivasi Dengan Intensi Membeli Pada Konsumen Tas Brandeed. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 2. No.2.

Sears, O., Freedman, L., & Peplau, A. (2004). Psikologi Sosial 2. Jakarta: Erlangga.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Stirillistia, R. (2006). Analisis motif pembelian produk Macbeth pada komunitas griffon ARMY Malang. Universitas Brawijaya Malang: Malang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suranto. (2009). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan dengan Program SPSS. Semarang: CV. Ghiyyas Putra.

Tambunan, R. (2001). Remaja dan Perilaku Konsumtif. http://www.e-psikologi.com diakses 27 April 2008.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial (edisi ke 12). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wisudawati, R. (2014). Pengaruh Citra Bermerek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Tas Hermes Tiruan Pada Wanita Karir. Skripsi. Universitas Bengkulu.

Zebua, A. S., & Nurdjayadi, R. D. (2001). Hubungan Antara Konformitas dan Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Phronesis, Vol. 3. No. 6. Hal. 72-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id