Hubungan Antara Iklim Sekolah Dengan Perilaku Membolos Remaja

Euis Mawarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris ada tidaknya hubungan antara iklim sekolah dengan perilaku membolos pada remaja di Samarinda. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metodologi penelitian menggunakan skala perilaku membolos, dan skala iklim sekolah. Skala tersebut disusun dengan skala model likert dan diuji menggunakan analisis korelasi rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara iklim sekolah dengan perilaku membolos yaitu dengan nilai rhitung = 0,130> rtabel = 0,235, dan nilai p = 0,130. Analisis parsial, ditemukan bahwa kondisi sekolah memiliki hubungan dengan perilaku membolos remaja baik dari luar dirinya.

Keywords


iklim sekolah, perilaku membolos

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 1-16.

Aqib, Z. (2011). Pendidikan karakter. Membangun perilaku Positif Anak Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Babatunde, M. M., & Olanjewaru, M. K. (2014). Class Size and School Climate as Correlates of Secondary School Students Scholatics Achievement in Itesiwaju Local Government Area of Oyo State, Nigeria. Global Journal of Human-Social Science: G Linguistics & Education, 14 (3), 14-21.

Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Edisi Pertama). Jakarta: Prenada Media.

Damayanti, A. F. (2013). Studi tentang Perilaku Membolos pada Siswa SMA Swasta di Surabaya. Jurnal BK UNESA, 3 (1), 454-461.

Dewi, P. F. (2018). Pengaruh Guru Profesional dan Iklim Sekolah Terhadap Mutu Pembelajaran SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Jurnal Muslim Heritage, 1 (2), 369-388.

Dorcas, O. F. (2013). Truancy and Academic Performance of Secondary School Student in Soutwestern Nigeria: Implications for Counselling. International Journal for Cross Diciplinary Subjects in Education, 3 (1), 1424-1428.

Eisingerich, A.B., & Rubera, G. (2010). Drivers of Brand Commitment: A Cross-National Investigation. Journal of International Marketing, 18 (12), 64-79.

Ellena, R. C. (2014). Perbedaan Self-Regulated Learning Siswa SMA Ditinjau dari Presepsi Terhadap Pola Asuh Orang Tua (A Comparation Study of Senior Higt School Student Self- Regulation Learning Based on Their Preception of Parenting). Jurnal Psikologi Pendidikan Perkembangan, 3 (3), 234-245.

Galvez, I. E., Cruz, F. J., & Diaz, J. F. (2016). Evaluation of The Impact of Quality Management Systems on School Climate. International Journal of Educational Management, 30 (4), 474-492.

Hadi, S. (2005). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadiyanto. (2004). Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuanm M. S. P. (1996). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah (Edisi Kedua). Jakarta: Toko Gunung Agung.

Haward, E. H. (1987). Handbook for Conditing School Climate Improvement Project. Indiana: The Phy Delta Kappa Educational Fundation.

Indayani, A.S. (2014). Penerapan Konseling Behavior dengan Teknik Penguatan Positif sebagai Upaya untuk Menimalisasi Perilaku Membolos pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Sawan Tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Bimbingan Koseling, 2 (1), 1-18.

Kartono, K. (2014). Patologi Sosial: Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali Press.

Kearney, C. A. (2001). School Refusal Behavior in Youth a Functional Approach to Assessment and Treatment. Washington DC: American Psychological Association.

Koth, C. W., Bradshaw, C. P., & Leaf, P. J. (2008). A Multilevel Study of Predictors of Student Perceptions of School Climate: The Effect of Classroom-Level Factors. Journal of Educational Psychology, 100 (1), 96-104.

Mahmuda. (2012). Mengurangi Perilaku Membolos Siswa dengan Menggunakan Layanan Behavior. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling IKIP Veteran Semarang, 2 (1), 63-73.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran (Cetakan kelima). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id