Hubungan Celebrity Endorser Dengan Keputusan Pembelian Produk Pakaian Pada Konsumen Secara Online di Media Sosial Instagram

Rizka Sanditya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan celebrity endorser dengan keputusan pembelian produk pakaian untuk konsumen secara online di media sosial Instagram kepada mahasiswa psikologi universitas mulawarman. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 yang sering berbelanja online melalui media sosial Instagram lebih dari tiga kali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 70 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala pendukung selebriti dan keputusan pembelian. Hasilnya adalah nilai CR 0,954 yang berarti kedua variabel memiliki korelasi positif yang sangat kuat. Sedangkan nilai p = 0,000 <0,005 menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut signifikan.

Keywords


selebriti pendukung, produk, konsumen

Full Text:

PDF

References


Azwar. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Berkowitz, E. N. (2002). Marketing, (3rd ed.). Boston: Homewood

Dinny S. P., & Edin D. S. (2012). Pengaruh Celebrity Endorser Ayu Ting Ting Dalam Iklan Televisi Terhadap Brand Image Produk Mie Sarimi. Jurnal Manajemen, 2 (3), 1-9.

Kusuma, A. R., & Afdliah, R. (2012). Hubungan antara kepercayaan diri dan konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 17-30.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, Dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.

Kotler, P., & Armstrong G. (2011). Principles of Marketing 14th Ed., Prentice Hall, New Jersey

Natalia, L. (2014). Analisis Faktor Persepsi Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Berbelanja Pada Giant Hypermarket Bekasi. Jurnal Manajemen, 13 (302), 1-11

Royan, F. M. (2005). Marketing Celebrities. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Riyanto, B. (2008). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: Penerbit GPFE

Schiffman., & Kanuk. (2007). Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion, Edisi Ketujuh, New York: McGrawHill

Shimp T. A. (2003). Advertising Promotion and Supplement Aspect of Integrated Marketing Communication 5th Edition. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sidharta, C. (2014). Penggunaan Anggun C. Sasmi sebagai Celebrity Endorser dalam iklan Pantene versi “Bersinarlah Bersama Anggun”. E-komunikasi, 2 (3), 2-10

Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Widya, U. (2012). Energizing Business Transactions in Virtual Worlds: An Empirical Study of Consumers’ Purchasing Behaviors. Indian Journal of Economics & Business, 11 (1), 139-155.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id