Hubungan Antara Konformitas dan Regulasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik
Annisa Azzahra
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesesuaian dan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 84 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala prokrastinasi akademik, kesesuaian, dan regulasi diri. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesesuaian dengan prokrastinasi akademik dilihat dari koefisien beta (β) = 0,369, dan nilai t hitung (4,093)> t tabel (1,666) dan nilai p = 0,000 (p <0,05); (2) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik dilihat dari koefisien beta (koefisien beta (β) = 0,369, dan nilai t hitung> t tabel (4,093) dan nilai p = 0,000 (p <0,05); β) = -0,489, dan t hitung (-5,424)> t tabel (1,666) dan p = 0,000 (p <0,05); (3) kesesuaian dan pengaturan diri berhubungan sangat signifikan dengan prokrastinasi akademik dengan f hitung (39,901)> f tabel (3,13) dengan sumbangan korelasi (R2) kesesuaian dan pengaturan diri dengan prokrastinasi akademik sebesar 0,529 (52,9 persen).
Alvina, I. (2014). Hubungan Self Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Akselerasi SMA Negeri 1 Samarinda. Ejournal Psikologi Universitas Mulawarman. Vol. 2 No. 2. Samarinda.
Astasari, A. R., & Sahrah, A. (2009). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Membeli Impulsif Pada Remaja Putri. Jurnal Insight. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Wangsa Manggala Yogyakarta.
Cinthia, R. R., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan Antara Konformitas Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Empati, Fakultas Psikologi Universitas Dipenogoro, Vol. 6, No. 2. Semarang: Universitas Dipenogoro.
Ghufron, M. N., & Risnawita. R. (2016). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Hadi, S. (2004). Metodologi Research Jilid 1. Jogjakarta: Andi.
Rachmawati, F. (2013). Hubungan Kematangan Emosi Dengan Konformitas Pada Remaja. EMPATHY, Jurnal Fakultas Psikologi. Vol. 2, No. 1. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Stress Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol. 3, No. 2. Prodi Psikologi Universitas Islam Indonesia.
Sarwono. S. W., & Meinarno. E. A. (2014). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Department of Psychology Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411 Phone: +62 813 35350368 E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id