Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Kartu Seluler Telkomsel

Dwi Desy Ninik Kustianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian kembali kartu seluler Telkomsel terhadap konsumen di Kutai Kartanegara Muara Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala keputusan pembelian kembali, skala citra merek dan skala harga dengan model skala Likert. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan model bertahap dan uji regresi model penuh dengan bantuan program Statistik Paket untuk Ilmu Sosial (SPSS) 20.0 untuk Windows. Dari analisis data, hasil yang diperoleh untuk model penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara citra merek dan keputusan pembelian berulang, nilai yang diperoleh adalah t hitung = 2,080> t tabel = 1,984 dan p = 0,040 < 0,050. Hasil analisis kedua menunjukkan pengaruh harga terhadap keputusan pembelian berulang, nilai yang diperoleh adalah t hitung = 6,313> t tabel = 1,984 dan p = 0,000 <0,050. Hasil analisis ketiga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian kembali kartu seluler Telkomsel kepada konsumen di Kutai Kartanegara Jawa, nilai yang diperoleh adalah F hitung = 40,112> F tabel = 3,09, R2 = 0,453, dan p = 0,000 <0,050. Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini adalah bahwa keputusan pembelian kembali dipengaruhi secara positif oleh citra merek dan harga pada konsumen yang membeli kembali produk dari kartu seluler Telkomsel di Kutai Kartanegara Muara Jawa.

Keywords


keputusan pembelian kembali, citra merek, harga

Full Text:

PDF

References


Armstrong, G. & Kotler, P. (2003). Dasar-dasar pemasaran, Edisi ke-9., Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Buchari, A. (2000). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung : Alfabeta.

Dharmmesta, B.S. (1999). Loyalitas pelanggan: sebuah kajian konseptual sebagai panduan bagi penalty. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 14 (3) 73-88.

Dodds, W. B., Monroe, K. B., & Grewal, D. (1991). Effects of price, brand, and store information on buyers’ product evaluations. Journal of marketing research, 28(3), 307-319.

Durianto. (2004). Strategi menaklukan pasar melalui riset ekuitas dan perilaku merek. cetakan ketiga. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, A. (2006). Metode penelitian manajemen. Semarang: Badan Penerbit Univertas Diponegoro.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek & psikologi konsumen implikasi pada strategi pemasaran. edisi pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hawkins., Best., & Coney. (2004). Consumer behavior, building marketing strategy. Boston: Mc Graw Hill Companies.

Kotler, P., & Keller. (2007). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT.Indeks.

Kotler, P. 2010. Manajemen pemasaran edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Mowen, C. M. & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Alih Bahasa: Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Peter, J. P. & Olson, J. C. (2013). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarata: Salemba Empat.

Setiadi, N. J. 2008. Perilaku konsumen: konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran. Jakarta: Kencana.

Stedman, C. (2000). Service marketing. New York: McGraw-Hill Companies Inc.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Telkomsel. (2018). Membangun masyarakat di wilayah perbatasan negara. https://www.telkomsel.com/about-us/blogs/membangun-masyarakat-di- wilayah-perbatasan-negara diakses tanggal 13 Maret 2018.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran jasa. Malang: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id