Pengaruh Kerjasama Tim dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan

Linda Wulan Riana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerja tim dan kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan perawat di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan 55 perawat sebagai sampel yang dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kualitas layanan, kerja tim, dan kepuasan kerja. Ketiga skala tersebut disusun dengan skala likert dan menggunakan SPSS (Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) versi 20.0 untuk windows untuk analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kerja tim dan kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan perawat, yaitu f hitung f tabel (15,832 3,16) dan p = 0,000 (p 0,05). Kontribusi pengaruh kerja tim dan kepuasan kerja terhadap kualitas layanan adalah 0,365 (36,5 persen). Ada pengaruh yang signifikan dari kerja tim terhadap kualitas layanan perawat dengan koefisien beta () = 0,076, dan t hitung t tabel (2,715 2,005) dan p = 0,028 (p 0,05). Ada pengaruh signifikan kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan perawat dengan koefisien beta () = 0,181, dan t hitung t tabel (2,936 2,005) dan p = 0,005 (p 0,05).

Keywords


Kualitas layanan, kerja tim dan kepuasan kerja

Full Text:

PDF

References


Artaningsih, D.W. (2013). Pengaruh locus of control, organization citizenship behavior dan kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja karyawan di rumah sakit umum daerah Kota Baru. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11 (3) 15-26.

Barnes, J.G. (2003). Secret of customer relationship management (rahasia manajemen hubungan pelanggan). Yogyakarta: Andi.

Cahyani, E., & Setiani, D. (2013). Pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan internal tenaga pendidik pada politeknik swasta di Sumatera Selatan. Jurnal Administrasi Bisnis, 1 (1): 1-16.

Fapohunda, Tinuke. M (2013). Towards effective team building in the workplace. Journal of Education and Research, 9 (4): 1-12.

Gatot, D.B. & Adisasmito, W. (2004). Hubungan karakteristik perawat, isi pekerjaan dan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja perawat di instalasi rawat inap RSUD Gunung Jati Cirebon. Jurnal Makara Kesehatan, 9 (1): 1-8.

Ghayas, M.M & Hussain, J. (2015). Job satisfaction, service quality and the customer satisfaction in the sector of karachi. Internasional E-Journal of Advance in Social Sciences, 1 (3): 443-451.

Gold, N. (2005). Teamwork: Multi-disciplinary perspectives. New York: Palgrave Macmillan.

Ibrahim, A. (2008). Teori dan konsep konsep implementasinya. Bandung : Mandar Maju.

Idris, A. (2013). Hubungan antara komunikasi interpersonal dan komitmen organisasi dengan kepuasan kerja dosen. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 2(2), 45-55.

Ivancevich, J. M., Konopaske, M. R.., Matteson, M.T. (2005). Perilaku dan managemen organisasi, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jannah, K.D. (2003). Analisis kualitas pelayanan kesehatan untuk mewujudkan kepuasan pasien pada Rumah Sakit Siti Khodijah Pekalongan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 1 (2): 98-103.

Kotler, P. (2000). Manajemen pemasaran edisi milenium. Jakarta: Prehallindo.

Luthans, F. (2011). Organizational behavior: an evidence – based approach. New York: The McGrow-Hill Companies, Inc.

Malec, James F., Torsher, Laurence C., Dunn, William F., Wiegmann, Douglas A., Arnold, Jacqueline J., Brown, Dwight A., Phatak, Vaishali (2007). The mayo high performance teamwork scale: relaibility and validity for evaluating key crew resource management skills. Journal Simulation in Healthcare, 2 (1), 4-10.

Modista, D.S.K.P. (2017). Hubungan antara persepsi persepsi terhadap kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Naskah Publikasi.

Nangoi, (2004). Pemberdayaan di era ekonomi pengetahuan. Jakarta: PT. Gramedia.

Nuralita, A. & Hadjam, M.N. (2002). Kecemasan pasien rawat inap ditijau dari persepsi tentang layanan keperawatan Di Rumah Sakit. Anima Indonesia Psychological Journal, 17 (2), 150-160.

Panjaitan, H. (2010). Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja paramedis dan dampaknya pada mutu pelayanan Di RSUD Pasuruan. Jurnal Riset Ekonomi & Bisnis, 10 (2), 62-72.

Ruvendi. (2005). Imbalan dan gaya kepemimpinan pengaruhnya terhadap kepuasan kerja karyawandi balai besar industri hasil pertanian Bogor. Jurnal Ilmiah Binaniaga, 1 (3), 18-20.

Sanyal, S., & Hisam, M. W. (2018). The impact on work performance of employees: a study faculty members in dhofar university. Journal of Business and Management, 20 (3), 15-22.

Suwatno & Priansa, D. (2011). Manajemen SDM dalam organisasi publik dan bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran jasa. Malang: Banyumedia Publishing.

Utama, A. (2003). Analisis pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan rumah sakit umum cakra husada Klaten. Jurnal Opsi, 1(2), 96-110.

Zhuang, X., MacCann, C., Wang, L., Liu, L., & Roberts, R.D. (2008). Development and validity evidence supporting a teamwork and collaboration assessment for high school students. Journal Research Report, 8 (50), 1-51.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id